Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Mode Incognito

Incognito memungkinkan pengguna untuk mengakses internet secara tersembunyi karena akan menghapus semua jejak aktivitas pengguna usai digunakan.
Image title
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Riset dan Publikasi
11 Agustus 2022, 14:55

Incognito atau mode penyamaran menjadi fitur yang tak asing lagi dijumpai dalam browser internet. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses internet secara tersembunyi karena akan menghapus semua jejak aktivitas pengguna usai digunakan.

Dengan incognito, history dan cookies akan langsung terhapus sehingga akan melindungi data pribadi dan data sensitif penguna. Keuntungan lainnya adalah pengguna dapat mengakses banyak akun tanpa harus logout dari akun utama di browser utama, serta dapat mengatur ekstensi browser.

Namun, tak sedikit dari pengguna yang salah paham dan menganggap bahwa mode incognito menjadi fitur keamanan sapu jagad yang akan mengamankan segala aktivitas pengguna di dunia maya.

Faktanya, alamat IP pengguna masih bisa diidentifikasi meski menggunakan mode incognito. Selain itu, mode incognito juga tidak dapat melindungi pengguna dari serangan malware, phising, atau ancaman dari situs web yang tidak aman.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.