Utang Man United Meningkat, Pemasukan Anjlok

Image title
28 Februari 2020, 11:29
Pemain Man United Anthony Martial (kanan) berebut bola dengan kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta.
(Reuters/Hannah McKay/Antara)
Pemain Man United Anthony Martial (kanan) berebut bola dengan kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta.

Manchester United merilis laporan keuangan semester kedua 2019, Selasa (25/2). Berdasarkan laporan tersebut, jumlah utang Manchester United meningkat 73,6 juta poundsterling menjadi 391,3 juta poundsterling.

Peningkatan jumlah utang ini terkait dengan investasi yang dilakukan Manchester United dalam membeli pemain baru. Salah satunya adalah Harry Maguire, bek tengah yang dibeli dari Leicester City.

Pemasukan yang diterima Manchester United dari hak siar juga turun 39 juta poundsterling atau 37,6 persen. Penurunan ini terjadi karena Manchester United tidak bermain dii Liga Champions melainkan di Liga Eropa.

Secara keseluruhan, total pemasukan Manchester United pada semester kedua 2019 turun hampir 20 persen menjadi 168,4 juta poundsterling. Meski jumlah utang naik dan pemasukan turun, CEO Manchester United Ed Woodward tetap mendukung Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer tim.

“Kami mengincar posisi terbaik di Liga Premir di mana saat ini berada di peringkat lima dan masih tampil di Liga Eropa serta Piala FA. Para pemain Manchester United terus memperlihatkan kemajuan seiring dengan pembangunan ulang skuad, dengan pembelian pemain baru serta pemain dari Akademi,” kata Woodward seperti dilansir Guardian.

Meski pemasukan total turun, namun pemasukan yang diraih Manchester United dari komersial justru meningkat dalam triwulan terakhir di 2019. Ini terjadi berkat kesepakatan kerja sama dengan Alibaba dan Mondelez International.

Pada 2020, manajemen Manchester United memrediksi pemasukan total antara 560 hingga 580 juta poundsterling. Dalam daftar yang dikeluarkan Deloitte’s Football Money League, Manchester United berada di posisi tiga klub dengan pemasukan terbesar di dunia, di belakang Barcelona dan Real Madrid.

Data dan fakta

  • Meski tak pernah juara liga sejak 2013, Manchester United tetap menjadi klub dengan pemasukan terbesar di Liga Inggris
  • Di dunia, pemasukan yang diterima Manchester United hanya kalah dari Barcelona dan Real Madrid
  • Manchester United masih menjadi klub dengan nilai sponsor terbesar di Liga Inggris (Chevrolet 64 juta poundsterling)
  • Pada 2021, Manchester United kemungkinan besar akan mendapatkan sponsor baru dengan nilai 70 juta poundsterling

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...