Tanpa Pemain Asing, Apakah 3 Klub Kampiun Liga 1 Tetap Juara?

Image title
Oleh Ridi F Khan
28 Februari 2020, 11:30
Logo Shopee Liga 1 2020
Liga 1
Logo Shopee Liga 1 2020

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kehadiran pemain asing memang sangat berpengaruh bagi klub-klub di Indonesia. Pengalaman, serta kemampuan dari para pemain asing ini sering kali membantu setiap musimnya.

Contohnya adalah Persija Jakarta pada musim 2019 lalu. Berstatus sebagai kampiun Liga 1 2018, klub berjuluk Macan Kemayoran ini justru terpuruk di musim setelahnya, bahkan Persija hampir saja degradasi andai tidak memiliki Marko Simic.

Advertisement

Torehan 28 gol dari pemain asal Kroasia ini berhasil menyelamatkan Persija dari jurang degradasi. Sebelumnya, ia juga menjadi aktor utama saat Macan Kemayoran merengkuh trofi Liga 1 2018 melalui 17 golnya.

Ada juga Aleksandar Rakic yang kala itu masih berseragam PS Tira (saat ini Persikabo 1973). Sang pemain berhasil menyelamatkan klub berjuluk Laskar Padjajaran ini melalui 21 golnya dari degradasi pada musim 2018.

Melihat catatan tersebut, wajar saja bila klub Indonesia berlomba-lomba untuk mendatangkan pemain asing.

(Baca: Tiga Penyerang Lokal yang Diprediksi Bersinar di 2020)

Satu pertanyaan pun muncul, apa jadinya jika Liga Indonesia tidak memperbolehkan adanya pemain asing? Apakah tiga juara perdana edisi Liga 1, seperti Bhayangkara, Persija Jakarta dan Bali United bisa menjuarai kasta tertinggi ini?

Berdasarkan data transfermarkt, setidaknya ada klub yang dinilai gagal bila Liga Indonesia melarang adanya pemain asing.

Penilaian ini sendiri diambil berdasarkan dengan mengurangi jumlah gol yang dicetak oleh pemain asing sepanjang musim lalu. Contohnya, laga perdana Liga 1 2019 yang mempertemukan Bali United dengan Persebaya Surabaya pada awalnya berakhir dengan skor 2-1.

Akan tetapi, satu gol Bali United di laga tersebut dicetak oleh salah satu pemain asingnya, Paulo Sergio. Alhasil laga tersebut dihitung menjadi seri 1-1. Bali United hanya mendapat satu poin saja.

Liga 1 2017

Pada gelaran Liga 1 2017, Bhayangkara FC berhasil keluar sebagai juara perdana Liga Indonesia dalam era Liga 1. Tim berjuluk The Guardian ini unggul head-to-head dari Bali United yang menempati peringkat kedua dengan raihan poin yang sama 68.

Lantas, bagaimana dengan posisi Bhayangkara bila perolehan poin mereka dihitung tanpa kehadiran pemain asing?

Tercatat, The Guardians masih tetap menjadi kampiun musim 2017 bila tidak ada pemain asing yang mencetak gol. Akan tetapi, perolehan poin yang dikumpulkan Bhayangkara berkurang menjadi 66 poin saja.

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement