Indonesia akan Memimpin Pasar Perdagangan Karbon Dunia

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
30 Agustus 2021, 12:38
ICDX
ICDX

Berdasarkan Perjanjian Paris, setiap negara memutuskan apa tanggung jawabnya, melalui Nationally Determined Contributions (NDC) untuk menetapkan aksi ketahanan iklim apa yang akan mereka ambil. Dalam NDC, Indonesia telah berjanji untuk menstabilkan emisi karbonnya, dan bahkan menguranginya jika mendapat dukungan finansial.

Untuk memenuhi NDC dan pada saat yang sama mempertahankan pertumbuhan ekonomi, Indonesia harus beralih ke pembangkit listrik berbasis energi terbarukan, menggunakan energi secara lebih efisien, dan menghentikan kebakaran hutan yang berulang. Penetapan harga karbon merupakan komponen penting untuk melengkapi paket kebijakan yang diperlukan, yang dapat berupa pajak karbon.

Membebankan harga yang sesuai nilai dampak dari emisi gas rumah kaca akan mahal, tetapi biaya tersebut dapat diminimalkan. Menurut Bank Dunia, menggunakan mekanisme pasar memungkinkan perdagangan karbon dapat mengurangi biaya mitigasi perubahan iklim lebih dari 30 persen, dan jika pasar internasional yang tepat dapat diciptakan, ini dapat mengurangi biaya mitigasi global lebih dari 50 persen.

Hal ini karena perdagangan karbon, khususnya jika terdapat bursa karbon yang terorganisir, keduanya memberi insentif dan memungkinkan perilaku yang memastikan bahwa pengurangan emisi dicapai dengan biaya serendah mungkin. Konkritnya, pasar terorganisir melalui bursa komoditi khusus karbon dapat memainkan dua peran utama.

Pertama, seperti yang dilakukan di Eropa, bursa karbon dapat mengatur proses alokasi dan lelang "kuota polusi" (umumnya disebut "carbon allowances") kepada perusahaan yang harus mulai membayar emisi gas rumah kaca mereka (atau yang disebut kebijakan karbon “cap-and-trade”), dan mengatur logistik perusahaan-perusahaan tersebut yang kemudian memberikan carbon allowances untuk membayar emisi aktual mereka.

Kedua, bursa komoditi dapat menyediakan infrastruktur di mana perusahaan dapat membeli, menjual, menyimpan, mengelola risiko harga, memperoleh pembiayaan, dan sebaliknya menangani penyisihan karbon. Saat ini, infrastruktur terbesar seperti itu ada di Eropa, tetapi China juga sudah memulai bursa karbonnya pada Juli 2021 dan segera akan menyusul volume pasar Eropa.

Secara sederhana, carbon offset adalah bukti terdokumentasi bahwa karbon telah ditangkap dari atmosfer dengan satu atau lain cara. Misalnya, jika hutan mangrove dikelola dengan baik, maka dapat menyerap 2-3 ton karbon per tahun. Hutan lahan kering yang dikelola dengan baik (yaitu, di mana kebakaran hutan dikendalikan secara ketat) dapat menyerap sekitar 26 ton karbon per tahun. Jika penyerapan karbon ini dilakukan dengan baik, mereka dapat dijual, baik di mandatory market atau voluntary market.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...