IHCDC 2021 Jadi Wadah Ciptakan SDM Berdaya Saing Tinggi

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
7 Desember 2021, 16:10
Indonesia Human Capital Digital Conference (IHCDC)
Katadata

Pergeseran dari pendelegasian kerja dan penyaluran kemampuan kini telah berubah fokus ke arah utilisasi dan investasi, terhadap manusia dan organisasi tempat mereka berada dan bekerja. Maka dari itu, The 2nd Indonesia Human Capital Digital Conference (IHCDC) 2021 kembali hadir untuk menjadi wadah bagi para profesional Sumber Daya Manusia (SDM) dari berbagai industri di Indonesia.

CEO On Us Asia, Seno Adhi Damono mengatakan, kegiatan bertema Beyond Thriving: Renewed Human Capital Focus ini diselenggarakan pada 24 November – 25 November 2021 secara daring.

Seno berharap, kegiatan ini dapat membuka pandangan terhadap bisnis pasca-pandemi, teknik kepemimpinan pada saat dan setelah krisis, strategi tim dan tempat kerja di masa depan. Kemudian, pembangunan hubungan yang baik terhadap karyawan dan kondisi kerja hybrid maupun online.

"Serta ketahan bisnis terhadap kemungkinan krisis di masa mendatang yang dimana fokus ke arah utilisasi dan investasi terhadap manusia dan organisasi tempat mereka berada dan bekerja," kata dia," kata dia dalam siaran pers, Selasa (7/12).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa tema Beyond Thriving: Renewed Human Capital Focus sangat cocok pada kondisi saat ini, mengingat pandemi Covid-19 memberikan tantangan luar biasa di segala sendi kehidupan, sehingga menimbulkan disrupsi digital di era revolusi industri 4.0.

Menurut Sandiaga, seorang pemimpin di era disrupsi 4.0 juga harus mampu membangkitkan optimisme, konsistensi, karakter dan memiliki akhlak dalam memajukan pengembangan individu. 

"Oleh karena itu, kami mendukung On Us Asia untuk terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi secara Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Online) untuk menciptakan lapangan kerja dan diharapkan IHCDC akan menjadi wadah untuk berinovasi seluas luasnya agar menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi," ujar dia.

Selain Sandiaga Uno, acara The 2nd IHCDC 2021 ini menghadirkan jajaran pembicara yang berkompetensi dalam bidangnya. Seperti Andree Harahap, (Principal at PT Egon Zehnder International), Rudi Lim (EVP Human Capital Management PT Bank Central Asia Tbk), Edward Tirtanata (Co-Founder & Chief Executive Officer Kopi Kenangan).

Diketahui, Indonesia Human Capital Digital Conference (IHCDC) 2021 Indonesia Human Capital Digital Conference (IHCDC) 2021 merupakan acara tahunan yang dikenal sebagai salah satu event paling penting dalam bidang human resource di berbagai industri untuk bertemu dan bertukar padangan mengenai trend dan industri. 

Hari pertama kegiatan ini dibuka dengan high level speech, dengan pembahasan mengenai Prospek dan Kepemimpinan Bisnis Paca Pandemi Selama dan Sesudah Krisis. Kemudian, Rethink The Workforce and Workplace Strategies for Post-Pandemic, dengan mendatangkan panelis dari PT PLN Persero, PT Brantas Abipraya Persero, PT Egon Zehnder International, LinkedIn South East Asia, Bukalapak, AWS APJ, dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Selanjutnya, pada hari kedua IHCDC 2021 juga menghadirkan sesi diskusi mengenai Employee Engagement Remote and Hybrid Working Environment, dengan mendatangkan panelis dari Telkomsel, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Vidio Dot Com, PT Astra International Tbk.

Kemudian, ada sesi Building Business Resilience for The Next Unprecedented Crisis dengan mendatangkan panelis dari Bank Mandiri, PT Bank Central Asia Tbk, Dattabot, Kopi Kenangan, PT Tripatra Engineers and Constructors.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait