KIC Rilis Buku Saku Perdagangan Karbon Atasi Krisis Iklim

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
23 Agustus 2022, 17:44
Katadata Insight Center Rilis Buku Saku Perdagangan Karbon Atasi Krisis Iklim
Katadata

23 Agustus 2022 – Katadata Insight Center (KIC) merilis Indonesia Carbon Trading Handbook, laporan riset yang mencakup informasi mengenai pasar karbon, mekanisme perdagangan karbon yang dilakukan secara global, serta perkembangan perdagangan karbon dan instrumen kebijakan di Indonesia.

Buku saku ini menunjukkan bila Indonesia dapat berkontribusi dalam ekosistem pasar karbon secara signifikan dan berpotensi sebagai penghubung jaringan perdagangan karbon global. Namun sejauh ini, Indonesia masih belum memiliki pasar karbon domestik yang terintegrasi. Skema perdagangan karbon di Indonesia yang sudah beroperasi pun masih berbasis pada mekanisme pasar sukarela.

Advertisement

“Strategi dalam memanfaatkan potensi perdagangan tersebut perlu dilakukan oleh stakeholder terkait, mulai dari membuat rancangan roadmap perdagangan karbon yang terorganisir hingga pengembangan infrastruktur pendukung sebagai basis terlaksananya perdagangan karbon di Indonesia,” jelas Gundy Cahyadi, panel ahli Katadata Insight Center mengenai penerbitan buku saku ini, Selasa (23/8/2022).

Ia juga menjelaskan bila, buku saku ini diharapkan dapat membantu para stakeholder terkait serta menumbuhkan perdagangan karbon di Indonesia.

Berdasarkan lembaga verifikasi kredit karbon Verra (standar yang telah berkontribusi secara signifikan pada volume kredit karbon global), Indonesia memiliki beberapa proyek Nature Based Solutions dan Energi Terbarukan yang aktif dan teregistrasi, dari 13 proyek diperkirakan berhasil mengurangi lebih dari 15 juta ton karbon. “Proyek ini kita harapkan terus tumbuh, karena kita punya potensi besar di sini,” kata Gundy.

Indonesia Carbon Trading Handbook diluncurkan Katadata Insight Center melalui webinar SAFE Forum 2022 pada Selasa (23/08/2022).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement