Jokowi Sebut Ramalannya Soal ‘Winter Is Coming’ Jadi Kenyataan

Dimas Jarot Bayu
28 November 2019, 21:55
Jokowi Sebut Ramalannya Soal ‘Winter Is Coming’ Telah Terbukti
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ramalannya terkait munculnya ketidakpastian ekonomi global telah terbukti saat ini. Hal tersebut sebelumnya ia ungkapkan dalam Sidang Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia pada Oktober 2018 dengan mengutip salah satu judul serial Game of Thrones, “Winter is coming”.

“Dalam Annual Meeting IMF-WB (2018), saya menyampaikan bahwa akan datang musim dingin, ‘winter is coming’. Sekarang betul ‘coming’-nya betul-betul ada,” kata Jokowi di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (28/11).

Advertisement

Jokowi menilai pernyataannya itu telah terbukti karena perekonomian dunia sedang mengalami penurunan. Bahkan, pelemahan ekonomi dunia diperkirakan bakal tetap terjadi hingga tahun depan.

(Baca: Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2019 Hanya 5,04-5,05 Persen )

Akibat lesunya perekonomian global, beberapa negara bahkan harus mengalami resesi. Kepala Negara menyebut ada negara yang pertumbuhan ekonominya turun dari 7% menjadi di bawah 0%. 

“Ada juga yang turun dari 4% jadi 0% di dekat-dekat kita. Ini merupakan kenyataan yang harus kita hadapi dan dicarikan solusinya,” kata Jokowi.

Gubernur BI Perry Warjiyo juga mengungkapkan hal senada. Dia mengakui ramalan Jokowi terkait ‘winter is coming’ telah menjadi kenyataan. Hal ini dibuktikan dengan kondisi ekonomi global yang semakin tidak ramah.

Selain itu, perang dagang antara Tiongkok-Amerika terbukti berdampak buruk terhadap banyak negara. “Peringatan Bapak Presiden dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali pada Oktober tahun lalu menjadi kenyataan. Musim dingin telah tiba. Kita harus mampu menghadapinya,” ucap Perry.

(Baca: Waspadai Perlambatan Ekonomi Global)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement