Indonesia Incar Ekspor Buah Tropis ke Argentina

Image title
Oleh Ekarina
8 Mei 2019, 14:52
Ekspor Buah Tropis ke Argentina
ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Petugas Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar memeriksa buah Salak Gula Pasir siap ekspor saat kegiatan pelepasan ekspor komoditas pertanian unggulan Bali di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Kamis (21/3/2019).

Pemerintah membidik peluang ekspor produk hortikultura dan buah tropis ke Argentina. Hal ini diungkapkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman usai menerima kunjungan Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti di kantornya.

Pertemuan itu salah satunya membahas tentang  hubungan kerja sama bilateral terkait hasil pertanian dari kedua negara.

Menteri Amran berharap kerja sama tersebut dapat memperbesar pasar ekspor produk hortikultura seperti buah tropis dan komoditas strategis lainnya ke Argentina.

(Baca: Dolar Menguat, Kementan Targetkan Ekspor Pertanian Tembus Rp 499 T)

Beberapa produk  buah yang  ditawarkan diekspor ke sana di antaranya manggis, nanas, pisang, salak, serta kopi dan lada. "Hal-hal yang didiskusikan tentunya menguntungkan kedua belah pihak," kata dia di Kantornya, Rabu (8/5).

Amran menyatakan produksi nanas Indonesia pada 2018 mencapai 2 juta ton. Nanas saat ini sudah banyak diekspor ke beberapa negara di kawasan Asia, Timur Tengah, dan Eropa sebesar 250 ribu ton.

Sementara ekspor manggis menurutnya telah mencapai 40 ribu ton dari produksi 160 ribu ton selama 2018. Begitu juga dengan salak yang diekspor ke negara-negara Asia sebanyak 1.200 ton dari 950 ribu ton produksi petani.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...