Dampak Corona, Konstruksi Tol Serang-Panimbang Disetop Sementara

Image title
Oleh Ekarina
23 April 2020, 12:20
Imbas Corona, Konstruksi Tol Serang-Panimbang Disetop Sementara.
Kementerian PUPR
Tol Serang - Panimbang. Konstruksi tol sepanjang 83 kilometer ini dihentikan sementara akibat pandemi corona.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bakal menghentikan sementara konstruksi jalan tol Serang - Panimbang seiring upaya pencegahan penyebaran virus corona. Penghentian ini juga dilakukan menyusul adanya laporan satu orang karyawan di lokasi proyek yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona.

Penghentian sementara konstruksi tol Serang-Panimbang  dilakukan selama 14 hari, terhitung sejak surat persetujuan Menteri PUPR tertanggal 16 April 2020.  Pengerjaan konstruksi akan dimulai kembali apabila kondisi di lapangan dinyatakan aman.

Keputusan tersebut juga mengacu pada Instruksi Menteri (Inmen) No 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang terbit pada 27 Maret 2020.

"Yang mana salah satu poinnya menyatakan, penyelenggaraan jasa konstruksi dapat diberhentikan sementara akibat keadaaan kahar," ujar menteri PUPR Basuki Hadimujono dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4).

(Baca: Rapid Test 44 Ribu Pegawai Kementerian PUPR, 5 Orang Positif Corona)

Penghentian sementara tidak melepaskan hak dan kewajiban Pengguna Jasa dan Penyedia Jasa terhadap kompensasi biaya upah tenaga kerja konstruksi, subkontraktor, produsen, dan pemasok yang terlibat.

Artinya, upah tenaga kerja konstruksi tetap dibayarkan. Hal ini dimaksudkan untuk tetap melindungi hak-hak dan kewajiban para pihak dengan tetap memperhatikan upaya pencegahan dan penanganan pandemi corona. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...