Ada IA-CEPA, Mendag Target Defisit Dagang RI-Australia Turun di 2021

Rizky Alika
10 Juli 2020, 17:36
Ada IA-CEPA, Mendag Target Defisit Dagang RI-Australia Turun di 2021.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Sebuah kapal bermuatan peti kemas melakukan bongkar muat ekspor-impor. Kemendag targetkan defisit dagang Indonesiadengan Australia turun di 2021 seiring pemberlakuan IA-CEPA.

Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA - CEPA) telah berlaku sejak 5 Juli lalu. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berharap defisit perdagangan Indonesia dan Australia dapat turun pada 2021 seiring dengan adanya kerja sama tersebut.

Menurutnya, defisit tersebut tidak bisa serta merta menurun tahun ini lantaran masih ada dampak Covid-19. "Saya lihat ada pengurangan defisit perdagangan yang signifikan pada 2021. Jadi tidak langsung turun tahun ini," kata Agus di kantornya, Jakarta, Jumat (10/7).

Advertisement

Sebagaimana diketahui, neraca perdagangan Indonesia - Australia mengalami defisit US$ 3,2 miliar pada 2019. Agus pun mengatakan, pemerintah tengah berupaya menurunkan defisit tersebut dapat hingga separuh dari realisasi pada tahun lalu, salah satunya melalui perjanjian dagang. 

(Baca: Dampak IA-CEPA, Ratusan Ribu Sapi Australia Bisa Bebas Bea Masuk ke RI)

Alhasil, dia pun memperkirakan, ekspor Indonesia ke Negeri Kangguru akan meningkat pada 2021 dan 2022. Beberapa pelaku usaha bahkan menurutnya menyatakan siap meningkatkan kinerja perdagangan.

"Ini kesempatan kita untuk kepentingan masyarakat luas sehingga kita dapat diuntungkan," ujar dia.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani mengatakan para pengusaha selalu membuka peluang untuk memperluas pasar ekspor. "Perdagangan kedua negara masih bisa dikembangkan karena ini negara tetangga," katanya.

Perjanjian IA CEPA memberikan keuntungan kepada eksportir lantaran tarif bea masuk sebanyak 6.474 pos menjadi nol persen. Dengan demikian, Indonesia dapat meningkatkan daya saing produk ekspor.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement