Saingi Apple Maps, Google Uji Coba Fitur Petunjuk Lampu Lalu Lintas

Google sedang menguji fitur ini di beberapa kota di AS termasuk New York, San Francisco dan Los Angeles.
Image title
10 Juli 2020, 09:06
Saingi Apple Maps, Google Uji Coba Fitur Penunjuk Lampu Lalu Lintas.
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi fitur pencarian Google. Perusahaan teknologi asal AS ini tengah menguji coba fitur penunjuk lampu lalu lintas pada layanan peta digital, Google Maps.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Google telah menguji coba fitur penunjuk lampu lalu lintas pada layanan peta digital, Google Maps. Layanan ini untuk menyaingi fitur sejenis milik Apple Inc yakni Apple Maps sudah terlebih dahulu digunakan. 

Google sedang menguji fitur itu di beberapa kota di AS termasuk New York, San Francisco, Los Angeles, dan Chicago. "Kami sedang menguji fitur Google Maps di Android yang menunjukkan lokasi lampu lalu lintas di kota-kota tertentu di seluruh AS," kata Google dikutip dari The Verge ,Kamis (9/7). 

Simbol di tempat lampu lalu lintas dapat terlihat jelas. Lampu lalu lintas itu dapat dilihat pada tampilan peta tradisional maupun mode navigasi. Setelah diuji coba, cakupan penunjuk lampu lalu lintas tersebut akan diperluas. 

(Baca: Pengguna Google Bisa Lihat Dinosaurus Langsung Berkat Teknologi AR)

Fitur tersebut dinilai berguna untuk membantu pengguna saat mengemudikan kendaraan, terutama saat mencari rute tercepat dan ingin menghindari lampu lalu lintas di lokasi yang  padat. "Untuk membantu orang-orang tetap mendapat informasi lebih baik di jalan," katanya.

Selain itu, fitur ini bisa berguna untuk mobil tanpa awak (self-driving) yang hanya mengandalkan data dari Google Maps. Ketika mobil beroperasi, fitur ini bisa mendeteksi saat ada cahaya di sepanjang rute yang mereka lalui, sambil bersiap untuk memperlambat atau memvbehentikan kendaraan. 

Fitur layanan layanan lalu lintas telah lebih dulu diperkenalkan Apple mellaui Apple Maps. Fitur penunjuk lampu lalu lintas tersedia bagi pengguna iOS 13 secara eksklusif di AS dan rencananya juga dikembangkan di Eropa akhir tahun ini. 

Pengguna juga bisa menghubungkan iPhone ke mobil dengan Apple CarPlay. Pengemudi akan diberi peta yang mencakup bangunan 3D beserta lampu lalu lintas di sekitarnya. 

(Baca: Amazon, Google dan Netflix Siap Pungut Pajak Digital Mulai Agustus)

Tahun ini Apple juga meluncurkan sistem operasi (operating system/OS) versi terbaru untuk ponsel atau iPhone, iOS 14. OS terbaru ini menghadirkan beragam fitur anyar, yang disebut-sebut mirip dengan Android.

Apple CarPlay di iOS 14 memungkinkan pengguna membuka pintu mobil BMW seri 5 terbaru dengan iPhone. Sebab, iOS 14 dilengkapi dengan Near-field communication (NFC). Hanya dengan meletakan ponsel di pengisi daya di dalam mobil, lalu tekan start atau stop, maka Anda bisa menjalankan mobil.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina

Video Pilihan

Artikel Terkait