Daftar Negara Penyedia Dana Kompensasi Kerusakan Iklim, UEA Terbesar

Nadya Zahira
4 Desember 2023, 17:25
Suasana di luar Dubai City Expo yang menjadi pusat penyelenggaraan KTT Iklim COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab.
Katadata/Ezra Damara
Suasana di luar Dubai City Expo yang menjadi pusat penyelenggaraan KTT Iklim COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Sejumlah negara menyatakan komitmen untuk menggelontorkan dana loss and damage demi menanggulangi efek akibat perubahan iklim di negara-negara yang rentan terdampak pada hari pertama rangkaian agenda Conference of the Parties (COP) ke-28 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (1/12).

Dana yang digelontorkan oleh negara maju tersebut merupakan jawaban atas kekhawatiran beberapa negara berkembang akan kebutuhan biaya yang besar dalam menghadapi dampak buruk perubahan iklim. Hal itu sebelumnya telah disuarakan pada perhelatan COP-27 tahun lalu di Mesir.

Advertisement

Negara-negara  dengan kontribusi emisi gas rumah kaca (GRK) yang relatif lebih rendah justru dianggap lebih rentan dalam menghadapi bencana kekeringan, kenaikan permukaan air laut, kejadian cuaca ekstrem, dan risiko fisik lainnya.

Daftar negara-negara maju yang menggelontorkan dana untuk menanggulangi perubahan iklim di antaranya:

1.Uni Emirat Arab (UAE)

Sebagai tuan rumah dalam gelaran COP28, UAE telah berkomitmen untuk menyediakan dana sebesar US$ 100 juta atau setara dengan Rp 1,5 triliun untuk mengatasi perubahan iklim dan transisi energi guna mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2023.

2. Jerman

Sama dengan UEA, Jerman juga termasuk negara maju yang akan menggelontorkan dananya untuk mengatasi perubahan iklim yakni sebesar US$ 100 juta atau setara dengan Rp 1,5 triliun. 

3.Inggris

Inggris menyatakan komitmennya untuk memberikan dana sebesar £60 juta atau Rp 1,1 triliun

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga ikut menggelontorkan dananya untuk menanggulangi perubahan iklim hingga transisi energi sebesar US$ 17,5 juta atau setara dengan Rp 270,6 miliar

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement