COP28 Dibuka, Al Jaber Minta Penggunaan Bahan Bakar Fosil Disetop

Nadya Zahira
1 Desember 2023, 05:41
Logo COP28 Dubai, Uni Emirat Arab
Katadata/Ezra Damara
Logo COP28 Dubai, Uni Emirat Arab

Presiden Konferensi Iklim PBB COP28 Sultan Al-Jaber resmi membuka pertemuan COP28, pada Kamis (30/11). Ia mendesak negara-negara dan perusahaan-perusahaan bahan bakar fosil untuk bekerja sama menghentikan penggunaan bahan bakar kotor tersebut guna mencapai tujuan-tujuan iklim global.

Melansir dari Reuters, Sultan Al-Jaber mengatakan, pemerintah dari berbagai negara  saat ini sedang mempersiapkan negosiasi maraton kepada para pengusaha penghasil bahan bakar fosil agar mereka mau menghentikan penggunaan batu bara, minyak, dan gas yang menghasilkan karbondioksida (CO2) dan merupakan sumber utama emisi pemanasan global. 

Advertisement

Dalam pidato pembukaan COP28, Sultan Al-Jaber menuturkan, saat ini sudah ada beberapa negara yang berpandangan kuat bahwa menghentikan penggunaan energi bahan bakar fosil adalah langkah yang baik untuk bisa memerangi perubahan iklim. Untuk itu, penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) harus segera dilakukan. 

“Maka saya meminta Anda semua untuk bekerja sama,” kata Al-Jaber dalam pembukaan COP28, di Dubai, dikutip dari Reuters, Kamis (30/11).

Selain itu, dia memuji keputusan negaranya yang merupakan salah satu negara penghasil minyak dan gas terbesar di dunia, karena sudah mau beralih secara perlahan menggunakan EBT.

Sultan Al-Jaber menyebut banyak perusahaan minyak nasional telah mengadopsi target emisi nol bersih atau Net Zero Emission (NZE) untuk tahun 2050, “Saya bersyukur bahwa mereka telah melangkah untuk bergabung dalam perjalanan yang mengubah dunia ini," kata Jaber.  

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement