Tujuh Negara Ini Sudah 100% Gunakan Listrik Energi Baru Terbarukan

Rena Laila Wuri
18 April 2024, 15:23
Pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB)
euronews.com
Pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB)
Button AI Summarize

Badan Energi Internasional (IEA) dan Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) mencatat ada tujuh negara yang sudah hampir 100 persen menggunakan listrik dari energi baru terbarukan (EBT). Kondisi tersebut dipengaruhi oleh teknologi dan komponen EBT yang lebih murah.

Tujuh negara tersebut yaitu Albania, Bhutan, Nepal, Paraguay, Islandia, Ethiopia, dan Republik Demokratik Kongo. Lebih dari 99,7% energi listrik mereka kini berasal dari sumber terbarukan seperti panas bumi, air, matahari, dan angin.

Selain 7 negara tersebut, Norwegia sudah menggunakan 98,38 persen energi baru terbarukan dari angin, air, atau matahari, menurut data yang dikumpulkan oleh Profesor Universitas Stanford Mark Jacobson.

Tak hanya itu, 40 negara lainnya juga telah memanfaatkan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik wilayahnya. Sepanjang tahun 2021 dan 2022, lebih dari separuh kebutuhan listrik di negara-negara tersebut berasal dari sumber energi terbarukan.

Sebanyak 11 negara di antaranya bahkan berada di kawasan Eropa. Misalnya, Jerman atau Portugal, mampu berjalan dengan 100 persen angin, air, dan matahari untuk waktu yang singkat.

Didominasi Tenaga Surya

Meskipun banyak dari negara-negara ini saat ini menggunakan sejumlah besar tenaga air atau energi angin, para ahli memperkirakan pembangkit listrik tenaga surya akan menjadi sumber listrik utama dalam waktu dekat. Ha l itu ditopang peningkatan teknologi dan biaya yang main murah.

Dikutip dari Euro News, Kamis (18/4), panel surya mendominasi ekspansi kapasitas energi terbarukan pada 2023,  yaitu sebesar 73 persen dari semua pertumbuhan.

Halaman:
Reporter: Rena Laila Wuri

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...