Pengertian Tarif, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
27 Mei 2022, 16:57
Pengertian Tarif, Tujuan, Jenis, dan Contohnya
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom.
Ilustrasi

Apa yang terbayang ketika mendengar kata tarif? Dari banyak pilihan, tarif listrik kemungkinan bisa menjadi jawaban populer. Apalagi pemerintah mau menaikkan tarif listrik khusus pelanggan 3.000 VA ke atas tahun 2022 ini.

Kata tarif tak semata milik listrik. Ada banyak konteks dalam kata tarif. Istilah tarif bisa merujuk pada pajak ekspor dan impor. Apa sebenarnya definisi tarif itu? Apa tujuan tarif? Bagaimana contohnya? Ikuti artikel di bawah ini.

Advertisement

Definisi Tarif

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tarif adalah harga satuan jasa, aturan pungutan, dan daftar bea masuk. Dari definisi ini tarif bisa dipakai untuk harga satuan listrik, air dan lain-lain.

Secara sederhana dapat disimpulkan pengertian tarif sejumlah pungutan yang dibebankan atas suatu hal, kegiatan, kebijakan, atau apapun yang telah diatur dalam peraturan. 

Dalam skala pemerintahan, tarif dapat didefinisikan sebagai pungutan yang dibebankan untuk semua barang yang melewati negara baik keluar ataupun masuk dan diatur melalui perundang-undangan seperti tarif ekspor, tarif impor dan sejenisnya.

Pengertian tarif dalam skala pemerintahan ini dapat dilihat dari kamus Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tarif merupakan pajak atas impor atau ekspor, biasanya dikenakan untuk meningkatkan pendapatan atau untuk melindungi perusahaan domestik dan persaingan barang impor (tarif).

Pengertian Tarif Menurut Para Ahli

Deifinisi tarif dalam skala pemerintahan juga dapat diliat dari para ahli. Ibrahim Pranoto dalam buku berjudul Gudangnya Ilmu Manajemen dan Akuntansi menyebutkan, tarif disebut juga bea atau duty yaitu sejenis pajak yang dipungut atas barang-barang yang melewati batas negara. 

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement