Memahami Pengertian Manajemen Agar Bisnis Lancar

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
21 Juni 2022, 06:45
Memahami Pengertian Manajemen Agar Bisnis Lancar
Unsplash/Jason Goodman
Ilustrasi

Istilah manajemen cukup populer bagi orang yang sedang mengembangkan bisnis, tim, maupun kemampuan secara personal. Ilmu manajemen dianggap sangat penting bagi seseorang yang akan memulai bisnis atau usaha agar lancar dan maju.

Ilmu manajemen berfungsi dalam pengaturan bisnis. Menguasai ilmu dan memiliki kemampuan manajemen bagus akan mendorong usaha/bisnis yang akan dijalankan lancar. Untuk itu, penting pula memahami dasar manajemen. Apa pengertian manajemen? Apa fungsi dan tujuan manajemen? Unsur dan bidang apa saja yang ada dalam manajemen?

Pengertian Manajemen

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti manajemen adalah penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai sasaran. Selain itu, arti lain dari manajemen adalah pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.

Dikutip dari laman dictionary.cambridge.org, istilah lain dari manajemen adalah pengelolaan, pengaturan, pengendalian, atau kontrol. Bisa juga diartikan bahwa manajemen adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas organisasi bisnis.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Penulis buku klasik, General and Industrial Management, Henry Fayol mengungkapkan, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dengan menggunakan metode yang efektif dan efisien. 

Sedangkan George R. Terry, 1997, dalam bukunya yang berjudul Principle of Management, menjelaskan bahwa manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan guna mencapai tujuan yang sudah diputuskan sebelumnya.

Secara umum, manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang dalam mengatur kegiatan yang dikerjakan individu atau kelompok. Sistem atau manajemen harus dilakukan untuk memenuhi target yang akan dicapai oleh individu atau kelompok tersebut dalam sebuah kerja sama dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Bisa dikatakan manajemen mengandung unsur perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, tujuan yang ingin dicapai. Pelaksana manajemen yakni individu atau kelompok. Dengan demikian, manajemen adalah sebuah seni mengatur dan merencanakan sesuatu guna mencapai sebuah tujuan.

Sementara dalam sebuah perusahaan, fungsi manajemen adalah merencanakan, mengorganisasikan, serta menyusun sumber daya manusia, menggerakkan dan mengendalikan sumber daya yang dimiliki secara efisien dan efektif.

Fungsi Manajemen dalam Bisnis

Manajemen adalah sebuah seni untuk mencapai tujuan. Sudah dapat dipastikan di dalamnya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk memperoleh target tertentu. Berikut ini beberapa fungsi manajemen: 

1. Perencanaan

Fungsi perencanaan atau planning menjadi fungsi utama manajemen dalam sebuah organisasi atau bisnis. Fungsi manajemen yang lain tidak akan dapat berjalan lancar jika tidak ada perencanaan. Oleh karena itu, manajemen memiliki fungsi guna menyusun atau membuat strategi paling awal demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

2. Pengorganisasian (organizing)

Pengorganisasian adalah sebuah fungsi dari manajemen yang tujuannya membagi-bagi tugas sesuai kemampuan yang dimiliki. Fungsi manajemen ini diperlukan untuk mengatur sebuah kelompok atau organisasi.

Dalam organisasi atau perusahaan, ada tugas yang dibagikan sesuai dengan jabatannya masing-masing. Misalnya, tugas untuk direktur, manajer, staf, dan anggota pasti berbeda-beda. Mereka juga harus bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

3. Pengarahan, menggerakkan (actuating)

Pengarahan dibutuhkan setelah tugas dibagi-bagi pada individu atau kelompok sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pengarahan dibutuhkan agar tujuan bisa dicapai dengan baik dan meminimalkan risiko terhambatnya rencana. Actuating bisa dilakukan dengan cara membimbing, konsultasi terkait tugas, dan pemberian motivasi.

4. Pengawasan dan evaluasi (controlling)

Evaluasi merupakan fungsi manajemen untuk menilai hasil kerja yang telah dilakukan. Evaluasi dibutuhkan untuk mengontrol kemajuan dari rencana yang telah dicanangkan. Bisa juga digunakan untuk menilai apakah perlu diadakan perubahan strategi atau tidak.

Sementara pengawasan diperlukan agar pekerjaan yang dilakukan mencapai tujuan perusahaan. Tindakan pengawasan umumnya digunakan untuk mencegah terjadinya penyimpangan. Dalam sebuah organisasi maupun perusahaan, penting adanya fungsi manajemen ini sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik dan efektif.

Unsur-unsur dalam Manajemen Bisnis

Dalam manajemen bisnis terdapat unsur-unsur yang memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan usaha. Setiap unsur saling berkaitan satu dengan yang lain dan tidak terpisahkan. Di mana jika salah satu unsur hilang atau ada tapi tidak optimal, maka akan ada dampak berarti bagi perusahaan yang akhirnya memberi kendala tersendiri.

Manajemen dibutuhkan dalam setiap aksi usaha. Di dalamnya terdapat unsur-unsur krusial. Berikut unsur manajemen bisnis yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis di antaranya:

Manusia

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...