Memahami Konsep Positioning, Definisi, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Siti Nur Aeni
1 Juli 2022, 17:47
positioning adalah
ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.
Ilustrasi, petugas lelang menghadirkan bubuk kopi kemasan kualitas ekpsor saat berlangsung Pasar Lelang Komoditas di Banda Aceh, Aceh.

Positioning adalah strategi komunikasi yang penting dalam sebuah usaha. Konsep positioning ini diperlukan untuk membangun citra usaha di masa konsumen. Saat citra usaha sudah bagus, maka tidak menutup kemungkinan penghasilan perusahaan akan meningkat.

Pasa kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar market positioning mulai dari definisi hingga manfaat yang diberikan. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi lebih lengkap.

Definisi Positioning Menurut Para Ahli

Penjelasan seputar definisi positioning ternyata sudah banyak dilakukan oleh para ahli. Berikut ini rangkuman pengertian positioning menurut para ahli.

1. Philip Kotler (1997)

Positioning adalah tindakan yang dilakukan marketer untuk membuat citra produk dan hal yang ingin ditawarkan kepada pasarnya agar berhasil mendapatkan posisi yang jelas dan mengandung arti dalam benar konsumennya.

2. Heibing dan Cooper (1997)

Melengkapi definisi dari Kotler, Heibing dan Cooper menyebutkan bahwa positioning adalah upaya membangun presepsi produk yang dimiliki di dalam pasar sasaran relatif terhadap persaingan.

3. Rhenald Kasali (2007)

Sementara itu, Rhenald Kasali dalam bukunya yang berjudul “Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning”, menerangkan bahwa positioning adalah strategi komunikasi untuk memasuki jendela otak manusia supaya produk yang dimiliki mengandung arti tertentu dalam beragam segi yang mencerminkan keunggulan dibandingkan produk lain dalam bentuk hubungan asosiatif.

Rhenald Kasali juga menjelaskan bahwa sebagai sebuah strategi komunikasi, positioning berperan menjadi penghubung antara produk yang Anda miliki dengan calon konsumen. Walaupun demikian, positioning bukanlah seusatu yang Anda lakukan atas produk tersebut.

Komunikaasi dalam hal ini berkaitan dengan atribut disik atau non fisik yang melekat pada produk yang Anda tawarkan. Misalnya, warna, desain, tulisan pada label, kemasan, nama merek, dan lain sebagainya.

Macam-macam Positioning

Positioning menjadi hal yang penting dalam sebuah pemasaran produk atau jasa. Menurut penjelasan di majoo.id, berikut ini jenis-jenis positioning yang perlu dipahami.

1. Brand Positioning

Brand positioning adalah strategi marketing yang tujuannya untuk mengenalkan produk atau jasa perusahaan agar lebih dekat dengan konsumen. Cara untuk menerapkan positioning ini yaitu menempatkan nama perusahaan atau produk dengan baik di hati konsumen agar mereka selalu mengingat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...