Mengenal Peran Public Relations untuk Perusahaan
Public relations memiliki peran yang sangat penting untuk perusahaan. Alasannya, public relations benar-benar menentukan reputasi perusahaan di masa depan. Oleh karena itu, menarik membahas peran public relations selengkapnya.
Bidang maupun seorang yang bekerja sebagai public relations memiliki peran penting dalam membangun citra perusahaan. Oleh karena itu, bidang public relations juga mampu menghasilkan prospek yang baik di masa depan.
Pengertian public relations menurut berbagai sumber, adalah bagian dari komunikasi bisnis yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan citra baik ke masyarakat. Peran public relations dapat mencakup kegiatan online dan offline.
Peran Public Relations untuk Perusahaan
Seorang public relations pada umumnya disebut dalam jabatan lain dalam perusahaan. Contohnya seperti hubungan masyarakat (Humas). Namun, tugas pokok dan wewenangnya kurang lebih hampir sama. Agar mampu memahami perannya lebih detail, simak penjelasannya dalam uraian berikut.
1. Membangun Citra, Merek, dan Reputasi yang Sangat Baik
Sudah menjadi rahasia umum, citra, merek, reputasi yang baik akan bermanfaat terhadap perusahaan. Manfaat itu meliputi kepercayaan konsumen, jumlah konsumen yang berlangganan, naiknya jumlah pembelian produk, dan lain sebagainya.
Perusahaan membutuhkan citra, merek, dan reputasi yang baik tidak hanya untuk konsumen saja, tetapi masyarakat yang belum mencoba produknya. Hal ini pun akan membuat masyarakat tertarik mencoba produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan.
Konsumen adalah penilai paling jujur karena sudah merasakan langsung layanan atau produk yang diberikan oleh perusahaan. Sementara masyarakat umum melihat nilai perusahaan dari ulasan para konsumen atau pengguna.
Citra merek, dan reputasi perusahaan yang baik juga akan mematahkan stigma buruk seketika itu juga. Perusahaan akan lebih tahan terhadap isu buruk karena konsumen telah membuktikannya sendiri.
2. Menyampaikan Pesan, Tujuan Perusahaan yang Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen
Peran public relations yang berikutnya adalah untuk menyampaikan pesan, tujuan perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Artinya, public relations juga berperan dalam memahami kebutuhan konsumen.
Adanya public relations dapat membuat perusahaan menggunakan teknik promosi yang lebih mudah dipahami konsumen karena sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini penting agar konsumen berpikir produk tersebutlah yang paling dibutuhkan oleh mereka.
Sampaikan seluruh tujuan barang yang dijual, tujuan jasa yang diberikan dan fungsinya masing-masing. Cara ini akan membantu perusahaan dengan mudah diingat karena dekat dengan kebutuhan konsumen.
3. Menghasilkan, Membangun, Mendapatkan Kesempatan dari Konsumen karena Kepercayaannya
Peran public relations yang berikutnya adalah menghasilkan, menciptakan, membangun, memperoleh kesempatan yang luar biasa. Maksud dari pernyataan ini, public relations dapat menciptakan kesan yang baik di masyarakat dan kemudian akan dipercaya oleh pihak tertentu untuk bekerja sama.
Bentuk kerjasama ini didapatkan dari adanya kepercayaan. Oleh sebab itulah peran public relations menciptakan kepercayaan bagi berbagai pihak agar bersedia membangun kerjasama di bidang yang terkait.
4. Menjadi Pusat Komando Komunikasi Perusahaan
Peran public relations lainnya yakni sebagai pusat komando komunikasi perusahaan. Maksud dari pernyataan ini adalah ketika terjadi sesuatu terhadap perusahaan seperti perusahaan masuk ke bursa efek, terjadi merger perusahaan, atau berita lainnya, maka tim public relations yang akan mempublikasikan kabar tersebut.
Tim public relations akan mengonfirmasi kabar tersebut sehingga masyarakat pun mengetahui kebenaran maupun ketidakbenaran suatu informasi. Aksi ini juga dapat digunakan untuk menghindarkan perusahaan dari hoax yang beredar dan mampu menjatuhkan reputasi perusahaan.
5. Meningkatkan Kualitas Perusahaan di Mata Investor
Peran public relations berikutnya adalah meningkatkan kualitas perusahaan di mata investor. Bagi investor, berinvestasi di perusahaan dengan citra publik dan reputasi yang baik akan sangat menguntungkan.
Investor tidak akan berinvestasi sebelum melakukan pengecekan latar belakang perusahaan demi keuntungan masing-masing. Oleh sebab itu, jika perusahaan memiliki reputasi yang baik, maka hal ini akan membuat perusahaan mudah memperoleh investor yang bersedia berinvestasi di perusahaan.
6. Memahami Nilai-nilai dari Opini Publik
Peran public relations yang berikutnya adalah melakukan evaluasi terhadap opini publik, konsumen, maupun masyarakat umum. Konsumen akan memberikan opini melalui komentar di media sosial atau di situs perusahaan. Opini tersebut dapat berupa ulasan mengenai produk, layanan, jasa, dan lain sebagainya.
Semua kritik dan saran dapat menjadi masukkan untuk perusahaan. Semuanya dapat diterima dan menjadi inspirasi untuk mengembangkan perusahaan.
Namun, konsumen akan merasa dianggap dan opininya dinilai penting ketika perusahaan turut menanggapi beberapa diantaranya. Contohnya, tanggapi beberapa ulasan atau opini yang membangun dan meminta maaf apabila ada kesalahan atau ketidaksengajaan dalam pelayanan.
Selain menerima dan menanggapi komentar klien, public relations juga dapat membuka ruang untuk menerima komentar tersebut. Caranya adalah dengan membuka survei atau jejak pendapat.
Demikian peran public relations yang dapat dipahami dengan baik. Selanjutnya dapat diketahui, keberadaan tim public relations memiliki efek yang signifikan terhadap perusahaan.