Ciri-ciri dan Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia

Destiara Anggita Putri
6 September 2023, 12:21
Contoh Ekonomi Kreatif
Freepik
Ilustrasi, ekonomi kreatif.

Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi kreatif telah menjadi salah satu bidang industri yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan sektor ini membawa beberapa menfaat bagi perkembangan perekonomian Indonesia.

Membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan daya saing negara, serta meningkatkan kualitas hodup masyarakat adalah beberapa diantaranya. Secara umum, ekonomi kreatif dapat didefinisikan sebagai konsep ekonomi yang menekankan pada kreativitas dan informasi.

Dalam praktiknya, ekonomi kreatif mengandalkan kreativitas dan inovasi dari sumber daya manusia karena faktor kunci dalam menciptakan nilai tambah dan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan biasanya cenderung unik, memiliki nilai estetika, dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Agar lebih paham tentang ekonomi kreatif, berikut ini penjelasan mengenai ciri-ciri serta contoh ekonomi kreatif yang ada di Indonesia. 

Contoh Ekonomi Kreatif
Contoh Ekonomi Kreatif (Pexels)

Ciri-ciri Ekonomi Kreatif 

Ciri khusus industri kreatif adalah menunjukkan keunggulan kreativitas dalam menciptakan desain kreatif pada produk barang/jasa yang dihasilkan.

Berikut ini beberapa ciri-ciri ekonomi kreatif, antara lain:

  • Berbasis pada ide atau gagasan.
  • Konsep yang ciptakan bersifat relatif.
  • Pengembangan tak terbatas dalam segala bidang usaha.
  • Siklus singkat, margin tinggi, keanekaragaman tinggi, persaingan tinggi, dan mudah ditiru.
  • Dibutuhkan kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam industri kreatif.
  • Mempunyai unsur utama berupa kreativitas, keahlian dan talenta yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektual.
  • Tersusun dari penyediaan produk kreatif langsung pada customer dan pendukung penciptaan nilai kreatif pada sektor lain yang berkaitan secara tak langsung dengan customer.

Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia

Sesuai dengan cirinya yang tidak terbatas, ekonomi kreatif sangatlah luas dan terus bermunculan bidang-bidang baru. Berikut ini beberapa jenis ekonomi kreatif sesuai dengan subsektor yang ada di Indonesia.

1. Periklanan

Periklanan menjadi salah satu contoh ekonomi kreatif yang sudah hadir cukup lama.

Bidang ini meliputi layanan pembuatan iklan berbagai media yang terdiri dari kegiatan pembuatan, produksi, serta distribusi iklan ke media baik itu cetak atau elektronik.

2. Kerajinan

Bidang kerajinan merupakan bidang yang fokus dalam penciptaan, produksi, serta distribusi produk hasil kerajinan tangan para pengrajin. Karena dibuat dari hasil kerajinan tangan, produk ini memiliki nilai estetika yang tinggi.

Untuk bahan pembuatannya biasanya berasal dari material kulit, rotan, serat alami, batu permata, kayu, bambu, tanah liat, atau juga marmer.

3. Arsitektur

Bidang arsitektur juga termasuk dalam industri kreatif. Bidang ini meliputi jasa, desain, perencanaan biaya, konstruksi, sampai pengawasan konstruksi bangunan.

4. Pengembangan Game

Pengembangan game menjadi salah satu bidang industri kreatif yang memiliki perkembangan pesat. Bidang ini sendiri terdiri dari kegiatan penciptaan, produksi, sampai distribusi video game dengan berbagai tema.

Bidang industri game sendiri tidak hanya untuk hiburan semata tapi juga dunia pendidikan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...