Transfer ke Daerah, Pengertian, dan Jenis-jenisnya

Image title
21 Februari 2024, 09:00
transfer ke daerah
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Ilustrasi, gedung Kementerian Keuangan.
Button AI Summarize

Dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah atau UU HKPD, ada satu elemen penting yang menjadi salah satu tujuan beleid ini, yakni transfer ke daerah (TKD).

TKD merupakan elemen penting dalam perimbangan keuangan antara pusat dan daerah di Indonesia. Sebab, keberadaannya bertujuan untuk mengurang ketimpangan fiskal antara pusat dan daerah, mengurangi ketimpangan fiskal antardaerah, dan mengurangi ketimpangan kualitas dan kuantitas layanan publik di daerah.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian dan jenis-jenis transfer ke daerah berdasarkan UU HKPD, beserta rincian alokasinya untuk tahun anggaran 2024.

Pengertian dan Jenis-jenis TKD

Dalam konteks perimbangan keuangan, transfer ke daerah adalah dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan merupakan bagian dari belanja negara.

Dana ini dialokasikan dan disalurkan ke daerah untuk dikelola oleh pemerintah daerah, dalam rangka mendanai penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Transfer ke daerah terdiri dari enam jenis, antara lain:

1. Dana Bagi Hasil (DBH)

DBH adalah bagian dari transfer ke daerah yang dialokasikan berdasarkan persentase atas pendapatan tertentu dalam APBN dan kinerja tertentu. Dana ini dibagikan kepada daerah penghasil dengan tujuan untuk mengurangi ketimpangan fiskal pusat dan daerah, serta kepada daerah lain non penghasil untuk menanggulangi eksternalitas negatif dan/atau meningkatkan pemerataan dalam satu wilayah.

Pembagian DBH dilakukan berdasarkan prinsip by origin. Artinya, daerah penghasil mendapat porsi yang lebih besar dari daerah lain dalam provinsi tersebut.

Sementara daerah lainnya, dalam provinsi yang bersangkutan) mendapatkan bagian pemerataan dengan porsi tertentu sesuai dengan proporsi yang ditetapkan. Merujuk Pasal 110 UU HKPD, pagu DBH didasarkan pada realisasi penerimaan 1 tahun sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...