Profil Hermanto Tanoko, Konglomerat Surabaya Rambah Bisnis Keramik

Patricia Yashinta Desy Abigail
20 Oktober 2022, 13:18
Profil Hermanto Tanoko, Konglomerat Surabaya Rambah Bisnis Keramik
Istimewa
Hermanto Tanoko, melalui PT Tancorp Bangun Indonesia mengakuisisi 55% saham emiten keramik, PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK).

Konglomerat asal Surabaya, Hermanto Tanoko kembali melebarkan sayap bisnisnya. Kali ini, dia mengakuisisi 55% saham emiten produsen keramik, PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) senilai Rp 151,59 miliar melalui perusahaan yang dimilikinya, PT Tancorp Bangun Indonesia. Lalu, siapakah Hermanto Tanoko?

Hermanto Tanoko merupakan salah satu orang terkaya di dunia serta pemilik cat bermerek Avian dan juga bos dari produsen air mineral dalam kemasan dengan merek Cleo. Gurita bisnisnya menjadikan dirinya sebagai orang terkaya ke-11 di Indonesia versi Forbes pada 2021. Dikabarkan, kekayaan yang dimiliki Hermanto sebesar US$ 3,3 miliar, setara dengan Rp 43,05 triliun.

Advertisement

Melansir Forbes, Hermanto bersaudara mengendalikan Avia Avian, yang kabarnya merupakan perusahaan cat domestik terbesar kedua di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1978 oleh ayah mereka, Soetikno Tanoko.

Pria yang lahir pada September 1962 di Malang tersebut merupakan anak bungsu dari lima bersaudara dari pasangan Soetikno Tanoko dan Soeryani. Terlahir di keluarga dengan ekonomi pas-pasan, membuat dirinya terus belajar dan tidak patah semangat. 

Bahkan, Hermanto membantu keluarganya dengan menjadi penjaga toko cat dan mengelola apotek saat usianya masih sangat muda. Sebab ketekunannya, Hermanto mendapat upah karena kontribusinya tersebut. Lalu dia mengumpulkan upahnya untuk melanjutkan pendidikan.

Seiring berjalannya waktu, Hermanto bergabung di PT Avia Avian sebagai Managing Director of Operation sejak Desember 1982 sampai dengan December 2017. Jika dikalkulasikan, dirinya menjabat di posisi tersebut selama 35 tahun. Lalu, Hermanto naik jabatan menjadi President Commisioner dari tahun 1996 sampai saat ini.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement