Kominfo Cabut Stempel Hoax soal Klorokuin Bisa Sembuhkan Virus Corona

Image title
21 Maret 2020, 10:07
kominfo, kementerian komunikasi dan informatika, virus corona
Kominfo
Ilustrasi, konten virus corona yang distempel hoaks oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo beredar pada Mei 2019. Kominfo meralat pernyataan Disinformasi terkait obat Klorokuin dapat menyembuhkan virus corona.

Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Kominfo akhirnya mencabut stempel hoax terkait informasi yang menyebut obat Klorokuin dapat menyembuhkan virus corona. Hal itu berdasarkan uji klinis terhadap pasien Covid-19 di Tiongkok.

Kominfo menyebut pihaknya memang sempat memberikan stempel hoax atau disinformasi terkait Klorokuin dapat menyembuhkan Covid-19. Hal itu didasarkan pada pernyataan resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kepala perawatan klinis dalam Program Emergensi WHO Janet Diaz menyatakan bahwa pihaknya belum memiliki bukti bahwa Klorokuin dapat menyembuhkan pasien COVID-19. Pernyataan itu disampaikan dalam konferensi pers pada 20 Februari 2020.

Namun informasi itu diralat setelah obat Klorokuin direkomendasikan menjadi bagian dalam proses penyembuhan Covid-19. Penggunaan obat tersebut telah melewati uji klinis terhadap 100 pasien di 10 rumah sakit Tiongkok.

"Maka stempel Disinformasi pada tanggal 15 Maret 2020 kami cabut," tulis Kominfo dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (20/3).

(Baca: Erick Tohir Targetkan BUMN Farmasi Pasok 4,7 Juta Masker Akhir Bulan)

Di sisi lain, pemerintah justru mengimpor Klorokuin dan Avigan untuk menyembuhkan pasien corona. "Obat ini sudah dicoba oleh satu dua tiga negara dan memberikan kesembuhan," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (20/3).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...