Antisipasi Corona, Gubernur Sulsel Batalkan Ijtima Dunia di Gowa

Image title
19 Maret 2020, 08:08
virus corona
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Nurdin akhirnya membatalkan acara Itjima Dunia yang rencananya dihadiri 8.000 peserta untuk mencegah penularan virus corona.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah akhirnya membatalkan acara Ijtima Dunia yang rencananya digelar di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan Kamis (19/3). Keputusan tersebut diambil untuk mencegah penyebaran virus corona di acara yang dihadiri ribuan orang.

Nurdin menyatakan acara tersebut resmi dibatalkan setelah berkoordinasi dengan Kapolri serta Kapolda Sulsel dan Bupati Gowa. Pemerintah daerah bersama kepolisian pun berusaha meminimalisir interaksi para peserta yang telah datang dengan warga di sekitar lokasi acara.

Advertisement

"Selanjutnya kami akan mengantar mereka pulang ke pelabuhan dan bandara dengan pengamanan yang dibutuhkan," ujar Nurdin melalui akun Instragram pada Rabu (18/3) malam.

(Baca: 19 Orang Positif Corona di RI Meninggal, Tertinggi di Asia Tenggara)

Dia menyebut, acara Ijtima Jamaah Tabligh yang rencananya akan berlangsung di Pakkatto, Kabupaten Gowa, akan dihadiri oleh ribuan jamaah dari seluruh tanah air termasuk warga negara asing. Sebelum acara berlangsung, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bupati Gowa dan Kapolda Sulsel agar acara tersebut ditunda pelaksanaannya terkait merebaknya virus corona di tanah air.

"Namun ternyata panitia lokal tetap melaksanakan acaranya sehingga ribuan peserta dari sejumlah daerah di Indonesia dan ratusan dari luar negeri terlanjur hadir melalui pelabuhan dan bandara," kata dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement