Sri Mulyani Siapkan Stimulus Jilid III untuk Redam Penyebaran Corona

Agatha Olivia Victoria
18 Maret 2020, 20:49
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan kepada media tentang Stimulus Kedua Penanganan Dampak Covid-19 di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/3/2020).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama.
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan kepada media tentang Stimulus Kedua Penanganan Dampak Covid-19 di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Mengantisipasi perlambatan ekonomi yang diakibatkan pandemi virus corona, pemerintah tengah menyiapkan stimulus jilid III yang akan fokus di bidang kesehatan.

"Stimulus ketiga ini untuk segala kebutuhan kesehatan. Kita dorong saja di situ," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, Rabu (18/3).

Meski demikian, Sri Mulyani belum bisa menyebutkan anggaran yang akan dikeluarkan untuk stimulus jilid III ini. Ia menuturkan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) masih melihat seluruh kebutuhan yang diperlukan dalam stimulus ini.

Ia menjelaskan, beberapa faktor yang masuk dalam perhitungan antara lain, jumlah rumah sakit daerah yang membutuhkan bantuan, biaya yang dibutuhkan rumah sakit untuk peningkatan kapasitas, serta kebutuhan alat pelindung diri seperti masker dan hand sanitizer.

"Termasuk untuk upgrading rumah sakit kalau masih keburu," kata dia.

(Baca: Sri Mulyani Siapkan Dana Khusus Tangani Corona hingga Rp 19 Triliun)

Sri Mulyani menambahkan, belanja modal pemerintah juga akan direlokasikan kepada fokus bidang kesehatan. Saat ini, ia menyebut pemerintah akan mengatur realokasi anggaran Kementerian/Lembaga dan daerah melalui Keputusan Presiden (Keppres).

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...