Jokowi Kawal Pembangunan Pembangkit Listrik Sampah di Empat Daerah

Michael Reily
16 Juli 2019, 19:43
pembangkit listrik tenaga sampah, jokowi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Peresmian Pilot Project Pembangkit Listrik Tenaga Sampah /PLTSa di TPST Bantar Gebang Bekasi, Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas tentang perkembangan Pembangkit Listrik Tenagan Sampah (PLTSa). Ada empat daerah yang bakal menyelesaikan pembangunan PLTSa dari 12 kabupaten atau kota yang telah mengajukan usulan.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan empat daerah tersebut yaitu Surabaya, Bekasi, Solo, dan Jakarta. "Presiden menegaskan risalah dalam rapat terbatas adalah payung hukum dalam penyelesaian di dalam penyelesaian segala persoalan sampah," kata Pramono di Istana Negara, Selasa (16/7).

Pengembangan pembangunan PLTSa di 12 kabupaten atau kota ini masih terkendala karena PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tak mau membeli listrik akibat perhitungan harga yang tak menguntungkan.  Padahal Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 telah mengatur harga acuan yakni US$ 13,35 cent per kWh untuk besaran kapasitas sampai dengan 20 megawatt. 

Di sisi lain, tujuan PLTSa adalah untuk mendaur ulang sampah.  Contoh permasalahan sampah di Jakarta yang cukup besar hingga mencapai hampir dua ribu ton sudah siap dijadikan energi untuk pembangkit listrik. Sementara di daerah lain, jumlah volume sampahnya setengah porsi Jakarta dan bisa dijadikan energi untuk pembangkit listrik.

(Baca Juga: Jakarta Darurat Sampah!)

Karena itu, Pramono memastikan empat kota yang sudah mulai pembangunan PLTSa akan mendapat pengawalan langsung dari presiden. Selain itu, Pulau Bali juga tengah mengebut pembangunan karena tata kelola sampah yang baik. "Tujuh daerah lain sedang membuat prototype yang sama," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...