Pertamina EP Mengebor Dua Sumur untuk Pastikan Temuan Migas di Sulteng

Pertamina EP menemukan cadangan migas dari pengeboran sumur Wolai-002 yang berada di Luwuk, Sulawesi Tengah.
Image title
23 April 2020, 18:50
pertamina, migas
Pertamina EP
Ilustrasi, pekerja Pertamina EP. Pertamina EP akan mengebor dua sumur tambahan untuk memastikan jumlah cadangan yang bisa diproduksi dari sumur yang berada di Luwuk, Sulawesi Tengah.

Pertamina EP bakal mengebor dua sumur eksplorasi di daerah Luwuk, Sulawesi Tengah. Kegiatan tersebut untuk memastikan jumlah cadangan migas yang ditemukan dari hasil pengeboran sumur Wolai-002. 

Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan pihaknya membutuhkan pengeboran setidaknya dua sumur. "Kami akan tuntaskan dulu tahap eksplorasinya dengan menambah satu atau dua sumur appraisal lagi sehingga sumber dayanya lebih pasti," kata Nanang kepada Katadata.co.id, Kamis (23/4).

Adapun sumur yang akan dibor Pertamina EP bernama sumur West Wolai dan North Wolai. Kedua sumur tersebut akan dibor pada tahun ini dan tahun depan.

(Baca: SKK Migas Ungkap Temuan Cadangan Migas Baru Sebesar 136,5 Juta Barel)

Advertisement

Setelah pengeboran selesai, Pertamina EP akan menyusun proposal pengembangan lapangan atau Plan of Development (PoD). Setelahnya, perusahaan dapat menentukan Final Investment Decision (FID).

 

Sebelumnya, SKK Migas menyebut ada temuan cadangan baru di tiga lapangan migas sepanjang kuartal I 2020. Temuan tersebut terdiri dari satu temuan cadangan minyak dan dua temuan cadangan gas.

Total potensi cadangan dari tiga lapangan migas tersebut mencapai 136,5 juta barel setara minyak (BOE). Adapun sumur wolai-002 merupakan salah satu dari tiga temuan cadangan tersebut. Hasil dari pengeboran tersebut menunjukan potensi cadangan sebesar 333,6 miliar kaki kubik gas (BCFG).

(Baca: Pertamina EP Pangkas Produksi jika Harga Minyak Indonesia Capai US$ 30)

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait