ESDM Tawarkan Skema KPBU Mulai 2022 Demi Capai 4 Juta Sambungan Jargas

Image title
7 Juli 2020, 16:34
esdm, jargas, investasi
ANTARA FOTO/Rahmad/foc.
Ilustrasi, pekerja merawat regulator jaringan gas rumah tangga (jargas) di Aceh Utara, Aceh, Selasa (2/6/2020). Pemerintah bakal mendorong pembangunan jargas hingga 4 juta SR dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha atau KPBU.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM menargetkan pembangunan jaringan gas atau jargas mencapai 4 juta sambungan rumah (SR) pada 2024. Untuk bisa mencapainya, pemerintah bakal menggandeng badan usaha.

Kementerian ESDM bakal menawarkan penggunaan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam pembiayaan proyek jargas mulai 2022. "Dengan ikutnya badan usaha bisa mengakselerasi target pembangunan jargas," ungkap Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Alimuddin Baso dalam website Ditjen Migas pada Selasa (7/7).

Alimuddin pun menyebut pihaknya bersama Lemigas Kementerian ESDM telah studi bersama terkait skema KPBU. Nantinya, menteri atau eselon I Kementerian ESDM bakal ditunjuk menjadi penanggung jawab kerja sama.

Pemerintah akan melaksanakan penjajakan pasar mulai 2021. Kemudian, pemerintah mulai menawarkan skema KPBU untuk pembangunan jargas di daerah-daerah yang dinilai ekonomis oleh badan usaha pada 2022.

"Pemerintah akan mengurangi perannya dan mendorong badan usaha membangun jargas. Alokasi gas akan disiapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Lebih lanjut, Alimuddin menyebut penggunaan skema KPBU merupakan upaya pemerintah beradaptasi dengan situasi pandemi. Pasalnya, pandemi corona telah mengakibatkan anggaran pembangunan jargas berkurang.

(Baca: Ada Pandemi, PGN Pangkas Target Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...