PGN Segera Rampungkan Tiga Proyek Gasifikasi Pembangkit Listrik PLN

Image title
28 Agustus 2020, 14:37
PGN, pembangkit listrik, pln, migas
ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.
Ilustrasi, pekerja PGN. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) bakal fokus merampungkan tiga proyek gasifikasi pembangkit listrik diesel milik PLN.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN bakal fokus menggarap proyek gasifikasi pembangkit listrik tenaga diesel milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Anak usaha Pertamina itu bahkan menargetkan bisa menyelesaikan tiga pembangkit dalam waktu dekat. 

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar mengatakan tiga pembangkit yang masuk dalam program quick win gasifikasi itu terdiri dari PLTMG di Nias, PLTMG di Tanjung Selor, dan PLTMG di Sorong. PLTMG Nias memiliki kapasitas gas 4,7 BBTUD masih dalam tahap pembahasan dengan PLN.

Advertisement

PGN berharap bisa segera membangun proyek tersebut. Adapun pembangunan yang direncanakan dalam waktu dekat berupa sarana penyimpanan gas alam cair (LNG) di darat dan penyiapan infrastruktur penyokong kapal untuk membawa LNG dari Arun ke Nias.

Selanjutnya, ada PLTMG Tanjung Selor yang memiliki volume gas sebesar 2 BBTUD. PGN tengah menyiapkan infrastruktur termasuk sarana transportasi untuk membawa gas dari Bontang ke Tanjung Selor dengan menggunakan ISO tank.

"Ini diharapkan bisa lebih cepat lagi untuk bisa digasifikasi. Dimulai operasinya di dalam dua bulan ke depan," kata Syahrial dalam konferensi pers virtual, Jumat (28/8).

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement