Sebanyak 13 Jemaah Umrah RI Terdeteksi Positif Covid-19 di Arab Saudi

Image title
11 November 2020, 16:58
virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Duta besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqaf (kiri) memberikan cenderamata kepada jamaah umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/11/2020). Jemaah diminta tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Kementerian Agama (Kemenag) menyebut ada 13 orang jemaah umrah yang ditemukan positif Covid-19 di Arab Saudi. Padahal, jemaah tersebut telah melaksanakan swab test  dengan hasil negatif sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Arfi Hatim mengatakan sudah ada tiga gelombang keberangkatan jemaah umrah ke Arab Saudi. Gelombang pertama berjumlah 224 orang yang berangkat pada 1 november 2020.

Advertisement

Kemudian, gelombang kedua sebanyak 84 jemaah berangkat pada 3 November 2020, dan terakhir sebanyak 46 orang berangkat pada 8 November 2020. Dari jumlah tersebut, terdapat delapan jemaah gelombang pertama dan lima jemaah gelombang kedua yang positif Covid-19 ketika berada di Arab Saudi.

"Artinya ada 13 total jemaah kit ayang terkonfirmasi selama proses karantina dan PCR Swab Test di Mekkah," kata Arif dalam konferensi pers virtual pada  Rabu (11/11).  

Pemerintah Arab Saudi pun langsung mengisolasi jemaah tersebut hingga hasil tes negatif. Di sisi lain, Pemerintah Indonesia terus mengevaluasi pelaksanaan umrah agar tidak terjadi penularan virus corona. 

"Ini jadi titik kritis yang perlu kami evaluasi. Kami berharap jemaah yang berangkat ke tanah suci dalam kondisi sehat, dan pulang juga sehat," ujar dia. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement