Belum Ada Efek Samping, RI Teruskan Uji Klinis Vaksin Corona Sinovac

Image title
11 November 2020, 16:05
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Sejauh ini, uji klinis fase tiga vaksin Merah Putih tak menimbulkan efek samping serius pada relawan.

Pemerintah Indonesia melalui Bio Farma tetap melanjutkan pengembangan vaksin virus corona bersama Sinovac. Pasalnya, vaksin tersebut tak menimbulkan efek samping serius terhadap para relawan. 

Juru Bicara Tim Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 Rodman Tarigan mengatakan pengujian vaksin sudah memasuki tahap pemantauan dan dalam kondisi aman. Hingga 6 November 2020, sebanyak 1.620 relawan sudah mendapatkan suntikan pertama.

Kemudian, 1.603 sudah mendapatkan suntikan kedua, dan 1.335 sudah masuk dalam tahap pemantauan untuk imunogenitas, efikasi (khasiat), maupun keamanan.

"Sejauh ini, belum ada laporan mengenai kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) yang serius atau serious adverse event (SAE) yang tidak diinginkan dari para relawan yang diduga berhubungan dengan vaksin atau kegiatan vaksinasi," ujar Rodman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (11/11).

SAE merupakan salah satu dari KIPI yang serius dan dialami oleh penerima obat atau vaksin. Tanpa memandang hubungannya dengan obat atau vaksin tersebut.

Sedangkan KIPI nonserius atau ringan merupakan kejadian medis yang terjadi setelah imunisasi dan tidak menimbulkan risiko potensial pada kesehatan penerima vaksin. KIPI nonserius biasanya berupa demam, bengkak atau kemerahan di lokasi suntikan.

Menurut dia, setiap relawan yang sudah mendapatkan suntikan pertama dan kedua akan diawasi dan dimonitor oleh tim uji klinis. Sehingga kejadian apapun yang menimpa relawan pasti terawasi.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...