Tiongkok Prioritaskan Indonesia Sebagai Penerima Vaksin Covid-19

Image title
10 Desember 2020, 10:42
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, internasional
ANTARA FOTO/HO/Setpres-Muchlis Jr/wpa/hp.
Petugas memindahkan kontainer berisi vaksin COVID-19 setibanya di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/12/2020).Tiongkok memprioritaskan Indonesia sebagai penerima vaksin Covid-19.

Pemerintah Tiongkok untuk sementara waktu tidak melayani permintaan vaksin virus corona selain dari Indonesia. Itu lantaran Indonesia menjadi prioritas dalam kerja sama vaksin Covid-19.

Asisten Menteri Luar Negeri Tiongkok Wu Jianghao mengatakan uji klinis fase ketiga vaksin Sinovac di Tiongkok telah menunjukkan hasil yang memuaskan. Mereka tinggal menanti persetujuan dari otoritas untuk memasarkannya di dalam negeri.

"Selama menunggu persetujuan tersebut, kami tidak melayani permintaan dari negara lain, kecuali yang sudah tiba di Indonesia karena memang telah menjadi prioritas kami," kata Wu kepada Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun di Beijing, seperti dilansir dari Antara pada Kamis (10/12).

Pengiriman tahap pertama vaksin Covid-19 buatan Sinovac itu, lanjut dia, sesuai dengan komitmen Presiden Tiongkok Xi Jinping kepada Presiden Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu. Hal itu sejalan dengan meningkatnya kerja sama yang cukup berarti antar kedua negara dalam beberapa tahun terakhir.

Terlebih lagi, hubungan diplomatik Indonesia dan Tiongkok pada tahun ini memasuki peringatan ke-70 tahun. Meskipun selama 1965-1990, hubungan kedua negara sempat beku.

Di sisi lain, Dubes Djauhari menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Tiongkok yang telah memprioritaskan vaksin untuk Indonesia."Indonesia memang membutuhkan vaksin itu," ujar Djauhari.

Adapun pertemuan kedua pejabat itu terjadi dalam acara resepsi HUT RI yang diperingati pada Rabu (9/12). Acara resepsi HUT RI memang biasa diselenggarakan antara bulan September hingga Desember. 

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...