Kasus Positif Covid-19 Naik Lebih 100% dalam Dua Bulan Terakhir

Image title
29 Desember 2020, 19:21
satgas covid-19, covid-19, virus corona, rumah sakit, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Seorang tenaga kesehatan dengan pakaian pelindung diri lengkap di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). Kapasitas rumah sakit hampir terisi penuh karena peningkatan kasus positif Covid-19 dalam dua bulan terakhir.

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat kenaikkan tajam kasus positif di Tanah Air. Peningkatan tersebut terjadi dalam dua bulan terakhir. 

Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menagtakan pada minggu pertama November 2020, kenaikkan penderita positif Covid-19 berkisar 23.o00. Namun pada minggu terakhir Desember 2020, angkanya mencapai 48.435. 

"Naik lebih dari 100% dalam delapan minggu. Kenaikkan kasus tiak hanya memakan nyawa tapi beban berat tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual pada Selasa (29/12) malam.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terdapat lima provinsi dengan keterisian ruang isolasi yang cukup tinggi. Lima provinsi tersebut terdiri dari Jawa Barat, Yogyakarta, Banten dengan masing-masing keterisian ruang isolasi sebesar 77%.

Kemudian ada Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan masing-masing keterisian ruang isolasi sebanyak 72%. Sedangkan persentase keterisian tempat tidur isolasi secara nasional mencapai 62,63% dan ruang ICU sebanyak 55,6% pada 27 Desember 2020.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...