Varian Baru Covid-19 Menular dengan Cepat, Inggris Kembali Lockdown

Image title
5 Januari 2021, 10:33
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, inggris, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/John Sibley/wsj/cf
Foto John Sibley. Perdana Menteri Britain Boris Johnson di London, Britain, Senin (27/4/2020). Johson memberlakukan kembali karantina wilayah di Inggris mulai Senin (4/1) hingga pertengahan Februari 2021.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan pemberlakuan kembali karantina wilayah atau lockdown mulai Senin (4/1). Keputusan itu dibuat untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang mengancam sistem kesehatan sebelum program vaksinasi selesai

Johnson mengatakan varian baru virus corona yang lebih menular, yang pertama kali diidentifikasi di Inggris dan sekarang hadir di banyak negara lain, menyebar dengan sangat cepat. Oleh karena itu, pihaknya harus mengambil tindakan yang diperlukan dengan cepat untuk menahan laju penularan mutasi virus tersebut.

"Saat saya berbicara dengan Anda malam ini, rumah sakit kami berada di bawah tekanan lebih dari kondisi sejak awal pandemi. Dengan sebagian besar negara sudah berada di bawah situasi ekstrem, jelas bahwa kita perlu berbuat lebih banyak bersama untuk mengendalikan varian baru ini,” kata Johnson dikutip dari Reuters pada Selasa (5/1).

Dia pun menginstruksikan agar masyarakat tetap tinggal di rumah. Selain itu, seluruh tempat usaha yang tidak menjual barang-barang kebutuhan pokok dan penting harus tutup.

Sedangkan sekolah dasar dan menengah ditutup mulai Selasa (5/1) kecuali untuk anak-anak yang rentan dan mereka yang orang tuanya pekerja inti. Dengan keputusan tersebut, lanjut Johnson, semua ujian tidak mungkin dilanjutkan pada musim panas tahun ini. Hal itu menyebabkan tahun ajaran berubah selama pandemi dan merusak rencana pendidikan bagi anak--anak di Inggris.

Adapun karantina wilayah di Inggris rencananya berlangsung hingga pertengahan Februari 2021. Hal itu bisa terlaksana jika program vaksinasi berjalan sesuai harapan dan jumlah kematian akibat Covid-19 dapat ditekan. Untuk mencapai hal tersebut, Johnson meminta masyarakat Inggris untuk mematuhi aturan yang ada. 

Di sisi lain, pengumuman lockdown hanya berselang beberapa jam setelah pemerintah memuji keberhasilan Inggris menjadi negara pertama yang meluncurkan vaksin virus corona buatan Universitas Oxford dan AstraZeneca.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...