Jumlah Tes Menurun, Kasus Harian Covid-19 Hanya Tambah 6.462 Orang

Meski jumlah kasus cenderung melandai, namun tingkat positif masih cukup tinggi karena orang yang dites Covid-19 terus berkurang.
Image title
15 Februari 2021, 17:46
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, satgas covid-19, kementerian kesehatan, kemenkes
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Warga menjalani "swab test" di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Jumlah tes Covid-19 terus turun dalam sepekan terakhir.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat kasus baru Covid-19 pada Senin (15/2) mencapai 6.462. Jumlah tersebut lebih rendah dari hari sebelumnya sebesar 6.765 orang.

Hal itu sejalan dengan jumlah orang yang tes berkurang drastis. Pada Minggu (14/2), jumlah pemeriksaan Covid-19 bisa mencapai 24.250 orang.

Sedangkan pada hari ini, jumlah orang yang diperiksa hanya mencapai 19.641. Maka tak heran jika tingkat tes positif naik dari 27,9% menjadi 32,9%.

Tingkat positif dihitung berdasarkan jumlah orang yang positif dibagi dengan jumlah orang dites, kemudian dikalikan 100%. Angka tersebut menunjukkan seberapa besar jumlah orang yang terdeteksi virus corona dalam satu hari pemeriksaaan.

Jika angkanya besar, laju penularan virus corona di masyarakat berarti cukup tinggi. Hal itu juga menunjuukan pandemi corona belum terkendali.

Di sisi lain, WHO menetapkan standar tingkat positif sebesar 5% sebagai syarat suatu negara dianggap mampu mengendalikan pandemi. Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan kerja sama semua pihak.

Pemerintah pusat dan daerah harus meningkatkan tes, lacak, dan tindak lanjut atau 3T agar semakin banyak kasus yang terdeteksi dan dikarantina. Sehingga penularan virus corona dapat ditekan.

Di sisi lain, masyarakat bisa mencegah tertular virus corona dengan 5M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Tiga Provinsi Catat Nihil Kasus Covid-19

Kemenkes juga mencatat penyumbang terbesar kasus baru Covid-19 per 15 Februari 2021 dari Jakarta dengan 1.879 orang. Disusul oleh Jawa Barat sebanyak 947 dan Jawa Tengah 881 orang.

Sedangkan tiga provinsi lain mencatatkan nihil kasus, yaitu Aceh, Kalimantan Barat, dan Maluku. Dengan penambahan 6.462 kasus baru, total orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia mencapai 1.223.930 orang.

Untuk jumlah kesembuhan bertambah 6.792 orang yang mayoritas berasal dari Jakarta (2.082) dan Jawa Barat 1.265. Sehingga total orang yang sembuh dari infeksi virus corona mencapai 1.032.065.

Untuk jumlah kematian bertambah 184 sehingga totalnya mencapai 33.367. Ada tiga provinsi yang mencatatkan jumlah kasus kematian tertinggi pada hari ini, yaitu Jakarta sebanyak 55 orang, Jawa Timur sebanyak 51 orang, dan Jawa Tengah mencapai 26 orang. Sisa provinsi lainnya mencatatkan tambahan angka kematian di bawah 10 bahkan nihil kasus.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait