FDA AS Setujui Penggunaan Vaksin Johnson & Johnson Sekali Suntik

Image title
28 Februari 2021, 10:12
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, johnson & johnson, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, internasional
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Ilustrasi, vaksin virus corona. Regulator Makanan dan Obat Amerika Serikat menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 yang disetujui oleh Johnson & Johnson.

Regulator Makanan dan Obat (FDA) Amerika Serikat secara resmi menyetujui penggunaan vaksin virus corona Johnson & Johnson sekali suntik. AS pun memesan 100 juta dosis untuk pengiriman akhir Juni 2021. 

Selain AS, Inggris telah memesan 30 juta dosis, Uni Eropa 200 juta dosis, Kanada 38 juta dosis, dan 500 juta dosis dipesan melalui skema Covax untuk memasok negara-negara yang lebih miskin.

Advertisement

Presiden AS Joe Biden menyebut persetujuan penggunaan vaksin Johnson & Johnson sebagai berita yang menggembirakan bai semua orang di Negeri Paman Sam. Namun, dia memperingatkan warganya tetp mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

"Seperti yang telah saya katakan berkali-kali, keadaan masih cenderung buruk karena varian baru menyebar," kata Biden dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari BBC.com pada Minggu (28/2).

Adapun vaksin Johnson & Johnson dianggap sebagai alternatif vaksin yang hemat biaya dibandingkan vaksin Pfizer dan Moderna. Itu lantaran vaksin Johnson & Johnson hanya membutuhkan satu suntikan. 

Sedangkan vaksin Pfizer dan Moderna memerlukan dua suntikan. Itu berarti penggunaan vaksin Johnson & Johnson hanya memerlukan lebih sedikit janji temu dan staf medis.

 Selain itu, vaksin Johnson & Johnson dapat disimpan di lemari es. Sedangkan Moderna dan Pfizer memerlukan tempat penyimpanan yang lebih dingin.

Sedangkan dari sisi kemanjuran, vaksin Johnson & Johnson efektif 66% mencegah penyakit Covid-19 dalam semua level, yaitu gejala ringan, sedang, dan berat. Secara khusus, vaksin yang dibuat perusahaan Belgia Janssen itu mampu mencegah penyakit Covid-19 berat hingga 85%.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement