Ada Fitur Baru, WhatsApp Bisa Diakses dari Empat Perangkat Berbeda

Whatsapp juga menyediakan fitur baru yang memampukan pengguna berbagi pesan dengan ukuran besar dan warna baru dalam mode gelap.
Image title
16 Juni 2020, 10:45
Whatsapp, teknologi, digital
Katadata
Ilustrasi, logo Whatsapp. Whatsapp bakal memperkenalkan fitur baru, salah satunya akses di empat perangkat berbeda sekaligus.

WhatsApp tengah menyiapkan fitur baru untuk memberi kenyamanan kepada pengguna. Beberapa fitur baru itu sedang dikembangkan untuk perangkat Android maupun iOS di versi Beta dan Alpha.

Pertama, fitur akses dari empat perangkat berbeda sekaligus. "Saat ini, fitur yang ada hanya bisa menghubungkan ke website WhatsApp dengan menyaring barcode dari perangkat," dikutip dari Financial Express pada Senin (15/6).

Bocoran dari laman WABetaInfo, fitur baru itu membutuhkan konektivitas Wifi sehingga semua perangkat bisa disinkronkan. Namun, belum jelas apakah bisa menggunakan data seluler untuk memilih fitur ini terutama bagi pengguna yang tidak menggunakan koneksi Wifi.

Kedua, fitur cari pesan tertentu berdasarkan tanggal. Ini berarti, pengguna dapat menyaring hasil pencarian dari tanggal lainnya. WhatsApp sedang menguji fitur baru itu untuk pengembangan versi alpha.

Advertisement

Nantinya, Whatsapp bakal menyertakan ikon kalender tepat di atas keyboard ketika menggunakan opsi pencarian obrolan. Setelah memilih ikon kalender, pengguna bisa menyesuaikan bulan, tanggal, dan tahun.

Ketiga, opsi menghapus semua pesan kecuali yang diberi tanda bintang. Dari bocoran, akan ada opsi 'delete all except starred' bersama 'delete all messages' sebelum pengguna menghapus pesan.

Selain menghapus, pengguna juga bisa menyimpan pesan yang telah diberi tanda bintang dalam satu waktu melalui opsi 'clear except starred' di bagian storage usage.

 

(Baca: WhatsApp Pay Resmi Meluncur Perdana di Brasil)

(Baca: Waspada, Begini Modus Pembajakan WhatsApp Lewat Vocer Gim Indomaret)

Keempat, warna baru untuk bubble pesan ketika pengguna mengaktifkan mode gelap. Dari bocoran informasi, ada perubahan halus yang bisa membantu pengguna mengurangi ketegangan mata saat mengakses WhatsApp di lingkungan kurang cahaya.

"WhatsApp sedang menguji bubble baru untuk mode gelap. Alasan untuk menguji warna ini tidak diketahui, apakah mereka mengujinya untuk pengaturan aksesibilitas?" Dikutip dari WABetainfo.

Kelima, fitur integrasi ShareChat. Fitur ini akan berfungsi ketika pengguna memutar video dari Instagram atau YouTube. Video yang dibagikan itu akan bisa langsung ditonton sebab ada opsi Picture-in-Picture (PiP) untuk video yang dibagikan di WhatsApp dari ShareChat.

Keenam, fitur yang memungkinkan pengguna berkirim file berukuran besar. Perusahaan sedang mendesain penyimpanan atau storage usage baru di aplikasi. Dengan fitur tersebut, pengguna mempunyai opsi untuk melihat file berukuran besar.

Akan ada opsi file yang diteruskan di bagian storage usage yang membantu pengguna menyaring semua file yang telah diteruskan pada WhatsApp. "Fitur ini akan membantu anda mengelola obrolan dan pesan dengan lebih baik, menggunakan filter default baru," kata WABetaInfo.

(Baca: WhatsApp dan Zoom Bersaing, Ini 5 Aplikasi Terbaik Untuk Rapat Online)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait