TikTok Jadi Pengendali Baru Tokopedia, Ambil Alih 75% Saham

Syahrizal Sidik
11 Desember 2023, 09:20
TikTok Jadi Pengendali Baru Tokopedia, GOTO Raup US$ 1,5 Miliar
Katadata/Desy Setyowati
TikTok menjadi pemegang saham pengendali baru Tokopedia

Platform sosial media, TikTok menjadi pemegang saham pengendali baru PT Tokopedia, entitas bisnis e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. TikTok membeli 75,01% saham Tokopedia, sedangkan GOTO Grup tetap mempertahkankan kepemilikan 24,99% saham.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Advertisement

TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di  Tokopedia,” demikian tulis manajemen GOTO, dalam siaran pers, Senin (11/12).

Transaksi tersebut diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan  ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi perseroan  untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market).

Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.

Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement