Saham GOTO Justru Turun Usai Umumkan Masuknya TikTok ke Tokopedia

Patricia Yashinta Desy Abigail
11 Desember 2023, 09:36
Saham GOTO Justru Turun Usai Umumkan Masuknya TikTok ke Tokopedia
Dokumentasi GOTO
GoTo melepas sebanyak 46,7 miliar saham dan meraih dana IPO senilai Rp 15,8 triliun

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) turun level Rp 104 per pada awal perdagangan Senin (11/12). Turunnya saham GOTO seiring dengan pengumuman akuisisi 75% Tokopedia yang dilakukan oleh ByteDance atau TikTok.

Berdasarkan data perdagangan, harga saham GOTO melemah 3,7% ke level Rp 104 dari level harga penutupan Jumat (8/12), yakni Rp 108 per saham. Pada pembukaan perdagangan, saham GOTO sempat naik 0,93% ke level 109 per saham. Namun kini justru terjebak di zona merah. Hingga pukul 09.35 WIB saham GOTO nampak masih turun 2,78%.

Advertisement

Volume saham yang diperdagangkan tercatat 421 miliar dengan nilai transaksi Rp 446,84 triliun. Sementara itu, frekuensi perdagangannya tercatat sebanyak 14.996 kali. Sementara kapitalisasi pasarnya yaitu Rp 124,95 triliun.

Adapun TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22,5 triliun.

Ini sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.



Sebelumnya beberapa sumber DealStreetAsia menyampaikan, ada kemungkinan TikTok akan mengambil 10% saham di Tokopedia. Kemudian secara bertahap meningkat menjadi 50% saham mayoritas.

Melalui kemitraan strategis itu, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.

“TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” demikian dikutip dari keterangan pers, Senin (11/12).

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement