IHSG Diramal Naik Jelang Rilis Suku Bunga BI, Saham Ini Bisa Dilirik

Patricia Yashinta Desy Abigail
21 Februari 2024, 07:16
IHSG Diramal Naik Jelang Rilis Suku Bunga BI, Saham Ini Bisa Dilirik
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (26/4/2023). Usai cuti bersama Lebaran 2023, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Rabu (26/4) dibuka menguat 60 poin (0,88 persen) ke 6.877.
Button AI Summarize

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diprediksi bergerak naik pada perdagangan Rabu (21/2).

Phintraco Sekuritas menjelaskan jika investor masih wait and see terhadap rilis data suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang dijadwalkan pada hari ini. Konsensus memperkirakan bahwa BI akan tetap mempertahankan suku bunga pada level 6%, mengingat terjadinya penurunan tingkat pertumbuhan PDB pada kuartal empat sebesar 0.45% dari bulan ke bulan. 

"Keputusan untuk menahan suku bunga diharapkan dapat menjaga stabilitas makro ekonomi dan mendukung proses pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung," tulis Phintraco dalam risetnya, Rabu (21/2).

Di sisi eksternal, rilis data Conference Board Leading Index Amerika Serikat pada Januari diperkirakan menurun dari 0,10% menjadi 0,30%. Indikator ini merupakan proyeksi kegiatan ekonomi. Sehingga hal ini menjadi sentimen negatif terhadap kinerja ekonomi di pasar global.

"Dari regional, investor mencermati rilis data Indeks Keyakinan Konsumer (IKK) Korea Selatan pada Selasa pagi (20/2) karena merupakan salah satu negara dari G20," sebutnya

Phintraco Sekuritas merekomendasikan sejumlah saham seperti PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) dan PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS). 

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...