Bank Mandiri Sebut Bakal Dukung Layanan QRIS di Thailand

Patricia Yashinta Desy Abigail
1 September 2022, 09:57
Bank Mandiri Sebut Bakal Dukung Layanan QRIS di Thailand
Bank Mandiri
PT Bank Mandiri Tbk

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyampaikan pihaknya tengah mempertimbangkan infrastruktur pendukung berkaitan dengan layanan pembayaran QRIS Cross Border yang saat sudah dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ingin melakukan transaksi tanpa harus menukar mata uang Thailand. 

Senior Vice President Transaction Banking Retail Bank Mandiri, Thomas Wahyudi, mengatakan dalam mengimplementasikannya, perseroan akan mempertimbangkan kebutuhan nasabah dan infrastruktur pendukungnya. 

“Untuk layanan pembayaran QRIS Cross Border Thailand, dari sisi acceptance, Bank Mandiri siap menerima pembayaran dari user luar negeri, menyusul penggunaan dari sisi issuer,” ungkap Thomas saat dihubungi Katadata, Kamis (1/9). 

Dirinya menyampaikan, perseroan mendukung kebijakan pemerintah dan regulator terkait layanan pembayaran QRIS Cross Border Thailand. 

Adapun saat ini baru terdapat tujuh bank dan satu fintech yang dapat melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS di Thailand. Mereka terdiri dari BCA, BSI, Bank Mega, CIMB Niaga, Bank Sinarmas, PermataBank, Bank BPD Bali, dan DANA.

Sebelumnya, Bank Indonesia bersama Bank of Thailand (BoT) telah bekerja sama untuk uji coba pembayaran QR lintas negara sejak Agustus tahun lalu. Namun, mulai mengimplementasi pembayaran berbasis QR code lintas negara sejak Selasa (30/8).

“Jumlah penyelenggara ini akan terus ditambah dan diperluas," ujar Kepala Departemen Sistem Pembayaran Filianingsih Hendarta. 

Selain masyarakat Indonesia, turis asal Thailand bisa berbelanja di Indonesia hanya dengan menggunakan QR code.

Adapun penyelenggara jasa pembayaran di Thailand yang dapat menerima transaksi QRIS, yakni Bangkok Bank dan Bank of Ayudhya Namun, Filianingsih menyebut, akan ada tambahan lima bank penyelenggara pada September 2022. Sementara itu, aplikasi yang dapat digunakan untuk scan QRIS di Indonesia, yakni Bangkok Bank, Bank of Ayudhya, dan CIMB Thai.

Selain bekerja sama dengan Bank sentral Thailand, Bank Indonesia akan terus menambah akses interkoneksi beberapa negara, seperti Singapura. Kerja sama ini membuat masyarakat Indonesia yang berlibur dan berbelanja di Singapura tidak perlu lagi membawa uang cash saat ingin bertransaksi. 

Kerja sama ini ditargetkan bisa meluncur pada paruh kedua tahun depan. "Kerja sama ini diharapkan dapat memfasiltasi pengguna dalam melakukan pembayaran ritel secara instan, aman, dan efisien dengan memindai kode QRIS atau kode QR NETS yang ditampilkan oleh merchants," kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/8).

Kerja sama ini bertujuan memberdayakan individu dan bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Transaksi keuangan, berbelanja melalui e-ecommerce atau perdagangan internasional lainnya juga diharap bisa lebih efisien.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...