Erick Thohir soal Mobile Banking BSI Eror: Memang Ada Serangan

Abdul Azis Said
10 Mei 2023, 10:00
erick thohir, BSI, mobile banking, mobile banking bsi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, akan terus memantau perkembangan terkait ganguan pada layanan BSI.

Aplikasi atau mobile banking dan jaringan ATM PT Bank Syariah Indonesia (BSI) mengalami gangguan sejak Senin (8/5) dan belum sepenuhnya pulih hingga hari ini. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, gangguan yang terjadi pada sistem BSI disebabkan oleh serangan.

"Ada serangan, saya bukan ahlinya. Ada tiga poin apalah itu, sehingga mereka down hampir satu hari kalau tidak salah," ujar Menteri BUMN Erick Thohir ditemui di sela-sela KTT ASEAN di Labuan Bajo, Senin (10/5).

Erick tak menjelaskan dengan detail serangan seperti apa yang terjadi pada sistem BSI. Namun, ia mengatakan terus memantau perkembangan terkait ganguan pada layanan BSI. Direktur Utama BSI juga terus memantau langsung perbaikan dilyang sedang dilakukan.

Ia bercerita, sebenarnya baru menggelar pertemuan dengan Dirut BSI Hery Gunardi pada pekan lalu. Salah satu diskusinya adalah terkait transisi IT. Menurut Erick, BSI memang masih terus dalam transisi perbaikan sistem IT sejak dilakukan merger dan menjadi bank syariah terbesar di Indonesia.

"Salah satunya diskusi mengenai IT ini, beliau yg membawa isu. Eh tiba-tiba terjadi, ya memang sudah jalannya," kata dia.

Meski demikian, ia meyakini layanan BSI dapat terus ditingkatkan. Ia akan terus memastikan agar layanan dan sistem BSI lebih baik.

Pengamat Teknologi yang juga Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi sebelumnya menilai gangguan layanan BSI kemungkinan besar karena serangan siber.

Halaman:
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...