Bos OJK: Pemilu Tidak Mendisrupsi Sektor Jasa Keuangan RI

Syahrizal Sidik
20 Februari 2024, 14:41
Bos OJK: Pemilu Tidak Mendisrupsi Sektor Jasa Keuangan RI
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar memastikan perhelatan Pemilu tidak mendisrupsi sektor jasa keuangan Tanah Air.
Button AI Summarize

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memastikan perhelatan Pemilihan Umum 2024 tidak mendisrupsi kinerja sektor jasa keuangan Tanah Air.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, menyebutkan kinerja sektor jasa keuangan masih terbilang solid lantaran ditopang oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih kuat. Mahendra mengungkapkan, perhelatan pemilu sudah dimulai beberapa bulan sebelum pelaksanaan hari pemungutan suara. 

"Dilihat dari kinerja yang ada, apakah di pasar modal, perbankan, asuransi, dana pensiuun, pembiayaan, semua mencatat kinerja yang baik. Jadi jelas, tidak kelihatan pengaruhnya di situ,” ucap Mahendra dalam konferensi pers Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK), Selasa (20/1). 

Selain itu, tren kinerja yang solid tersebut, kata Mahendra tetap berlanjut pada bulan Januari 2024. Hal ini terlihat dari aksi beli investor asing yang cukup masif sejak awal tahun di bursa domestik dan kenaikan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

“Kelihatan betul tidak ada indikasi dampak atau pengaruh negatif (Pemilu). Maupun dilihat dari segi penyaluran kredit perbankan di Januari, lagi-lagi mempertahankan tren yang sama seperti 2023,” kata dia.

Mahendra berharap,  momentum yang baik yang dihasilkan oleh pemilu minggu lalu itu, yang berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei dan penghitungan real count sementara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan Prabowo - Gibran unggul. Kepastian hasil pemilu itu dapat  memberikan ruang yang lebih besar lagi untuk melakukan berbagai penyempurnaan, reformasi, langkah-langkah dan program kerja yang peting yang dijalankan oleh berbagai kementerian maupun lembaga.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...