Pecah Kongsi dengan Indofood, Pepsi Hentikan Jual Cheetos, Lays di RI

Image title
18 Februari 2021, 09:30
indofood, peepsi, cheetos
Arief Kamaludin/Katada
Indofood tower

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) sudah tidak bisa lagi menjual produk makanan ringan Lay's, Doritos, dan Cheetos. Ini terjadi karena kerja sama antara Indofood dan PepsiCo, yang memiliki merek produk makanan tersebut berakhir.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) membeli 49% saham PT Indofood Fritolay Makmur yang dimiliki Fritolay Netherlands Holding B.V., afiliasi PepsiCo Inc. Karena Fritolay Netherlands sudah tak memiliki saham IFM, berdasarkan perjanjian, produk-produk Pepsi pun undur diri dari pasar Indonesia.

Advertisement

Sekretaris Perusahaan ICBP Gideon A. Putro mengatakan sehubungan dengan dilakukannya transaksi bernilai Rp 494 miliar yang didanai dari kas internal itu, kepemilikan saham ICBP dalam IFL menjadi bertambah dari seluma 51% menjadi 99,99% dari total seluruh saham yang diterbitkan oleh IFL.

Karena adanya transaksi pembelian saham tersebut, IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo. Artinya, produksi dan penjualan produk bermerek Pepsi pun dihentikan mulai Agustus 2021 mendatang.

"(Persiapan penghentian produksi dan penjualan produk) harus sudah diselesaikan dalam waktu 6 bulan dari sejak tanggal dilakukan transaksi," kata Gideon dalam keterbukaan informasi yang diunggah Rabu (17/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement