Saratoga Siapkan Investasi Rp 1,2 T di Sektor Teknologi hingga EBT

Cahya Puteri Abdi Rabbi
21 April 2022, 16:01
Saratoga Siapkan Investasi Rp 1,2 T di Sektor Teknologi hingga EBT
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Pekerja memfoto layar pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) menyiapkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar US$ 100 juta (Rp 1,43 triliun) hingga US$ 150 juta (Rp 2,15 triliun) tahun ini. Perseroan akan mengalokasikan belanja modal untuk memperbesar porsi investasinya di sektor teknologi dan digital,  kesehatan, layanan jasa keuangan dan energi baru terbarukan (EBT).

Hal itu dilakukan perseroan agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. Direktur investasi SRTG Devin Wirawan mengatakan, Saratoga sebagai perusahaan investasi harus dapat melihat apa yang akan terjadi ke depan dan bisa mengantisipasi dengan berinvestasi pada sektor-sektor yang lebih relevan.

Advertisement

"Adapun, proporsi untuk berinvestasi di sektor teknologi digital berkisar 30% - 40%. Kami akan terus melakukan pengembangan investasi di sektor ini, seiring dengan pengembangan transformasi digital," kata Devin dalam paparan publik perseroan, Kamis (21/4).

Selain itu, perseroan juga berkomitmen untuk berfokus pada sektor EBT, utamanya pada sistem panel tenaga surya. Perseroan menilai, dengan berinvestasi di sektor tersebut akan turut mempercepat Indonesia untuk mencapai target net zero emission.

"Kami juga berkomitmen untuk tidak memulai investasi baru di sektor pertambangan batu bara dan minyak," kata dia.

Saat ini, Saratoga tercatat berinvestasi di berbagai lini bisnis, mulai dari pertambangan, perkebunan sawit, bisnis menara telekomunikasi, gas industri, hingga data center.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement