Diwarnai Penolakan, Axiata Tetap Setujui Akuisisi 66% Saham Link Net

Syahrizal Sidik
29 Mei 2022, 21:11
Diwarnai Penolakan, Axiata Tetap Setujui Akuisisi 66% Saham Link Net
Cindy Mutia Annur/Katadata
Jajaran pimpinan XL Axiata usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan, Senin (29/4).

Sebagian pemegang saham perusahaan induk PT XL Axiata Tbk (EXCL), Axiata Group Berhad menolak rencana perusahaan mengakuisisi 66% saham PT Link Net Tbk (LINK) dari Grup Lippo.

Seperti dikutip dari The Edge, Employee Provident Fund (EPF), menolak rencana akuisisi tersebut melalui publikasi di situs perusahaan. Hal ini mengonfirmasi laporan The Edge sebelumnya bahwa perusahaan pengelola dana pensiun selaku pemegang saham terbesar Axiata Group Berhad menolak rencana aksi korporasi tersebut.

EPF tercatat memiliki sebanyak 16,95% saham dan termasuk di antara 42,17% pemegang saham yang hadir dan memberikan suara menolak akuisisi bersama Permodalan Nasional Bhd. Hanya saja, EPF tidak membeberkan alasan lebih lanjut mengenai alasan penolakan tersebut.

Sedangkan, PNB menyatakan di situs webnya bahwa mereka khawatir akuisisi tersebut berdampak buruk pada kinerja keuangan Axiata dalam jangka pendek karena potensi peningkatan tingkat utang yang membebani arus kas dan pendapatan perusahaan.

Meski ditolak sebagian pemegang saham, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tetap memuluskan rencana akuisisi. "Mayoritas yang menyetujui mewakili 4,837 miliar saham, sedangkan yang tidak setuju memiliki 3,527 miliar saham," tulis laporan tersebut, dikutip Minggu (29/5).

Ketua Grup Axiata, Tan Sri Shahril Ridza Ridzuan mengatakan bahwa para pemegang saham yang tidak setuju terutama khawatir tentang dampak pada neraca perusahaan, tetapi manajemen telah meyakinkan posisi neracan perusahaan dapat dikelola dengan baik pasca akuisisi.

Grup Axiata mengusulkan akuisisi Link Net pada akhir Januari tahun ini, ketika mengumumkan bahwa unit yang sepenuhnya dimiliki secara tidak langsung Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (AII) dan 61,48% yang dimiliki secara tidak langsung PT XL Axiata Tbk telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat dengan Asia Link Dewa Pte Ltd (ALD) dan PT First Media Tbk (FM) akan mengakuisisi 1,82 miliar saham Link Net.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...