Heboh Desain Long Span LRT Jabodebek, Ini Penjelasan Adhi Karya

Lona Olavia
3 Agustus 2023, 17:38
Desain Long Span LRT Jabodebek Dianggap Salah, Ini Penjelasan ADHI
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) melintas di jembatan rel lengkung (longspan) LRT Kuningan, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan konstruksi jembatan lengkung dari Gatot Subroto menuju ke Kuningan salah desain sehingga menyebaBkan rangkaian kereta LRT yang melintas harus berjalan melambat.

Presiden Joko Widodo meminta agar pengoperasian kereta api ringan atau LRT Jabodebek tidak terburu-buru. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun menggeser jadwal operasional dari rencana awal pada 18 Agustus menjadi sekitar 30 Agustus 2023.

"Kami tadi minta saran pak presiden dan pak presiden sangat bijak. Beliau bilang, pokoknya kalian melakukan uji coba. Pada saat uji coba berhasil, kita buka," kata Budi di Istana Kepresidenan, Kamis (3/8).

Perintah Jokowi itu setelah dia menjajal LRT dari Stasiun Harjamukti hingga Stasiun Dukuh Atas Kamis (3/8) pagi tadi. Presiden mengikuti uji coba bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Pj Gubernur DKI Heru Budi.

Uji cek tersebut diadakan setelah sebelumnya Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan ada kesalahan desain pada jembatan lengkung bentang panjang atau long span LRT Gatot Subroto-Kuningan. Saat ini jembatan long span Kuningan merupakan jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang.

Tiko biasa ia disapa menilai, kesalahan tersebut terjadi akibat PT Adhi Karya Tbk (ADHI) yang bertanggung jawab dalam hal prasarana, membangun jembatan tersebut tanpa menguji sudut kemiringan kereta. 

Ia mengatakan jembatan tersebut seharusnya dibuat lebih lebar agar kereta dapat melaju dengan optimal. Akibatnya rangkaian kereta LRT Jabodebek kini harus berbelok dengan kecepatan yang pelan, sekitar 20 kilometer per jam saat melewati jembatan ini. 

Penjelasan Adhi Karya soal Long Span

Sementara itu dalam video Adhi Karya dalam kanal Youtube AdhikaryaID pada November 2019 silam, BUMN Karya itu pernah menyebut bahwa akibat radius lengkung yang kecil, maka jembatan bentang panjang Kuningan mengalami efek torsi yang cukup besar.

Torsi merupakan efek momen termasuk putaran yang terjadi pada penampang tegak lurus terhadap sumbu utama dari elemen. Hal ini terjadi ketika pusat beban tidak tepat dengan pusat kekakuan elemen vertikal beban lateral dalam sistem ketahanan struktur tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...