Temukan Kekurangan, Jokowi Tak Ingin Terburu-buru Operasikan LRT

Andi M. Arief
3 Agustus 2023, 12:04
lrt, jokowi, kereta
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri), PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kedua kiri), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) menaiki LRT Jabodetabek di Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Presiden Joko Widodo meminta agar pengoperasian kereta api ringan atau LRT tidak terburu-buru. Pasalnya, masih ada kekurangan saat Jokowi menjajal kereta ringan tersebut.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan menjadwalkan pengoperasian LRT secara komersil pada 18 Agustus 2023. Saat ini, pengoperasian LRT sedang dalam tahap uji coba. 

"Jadi, tidak usah tergesa-gesa untuk dioperasikan, tapi persiapan urusan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan diutamakan," kata Jokowi di Stasiun LRT Dukuh Atas, Kamis (3/8). 

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi setelah menjajal LRT dari Stasiun Harjamukti hingga Stasiun Dukuh Atas hari ini. Uji coba tersebut dilakukan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Pj Gubernur DKI Heru Budi.

Jokowi melalui 12 stasiun LRT yang tergabung dalam trayek LRT Cibubur. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini sempat berhenti di Stasiun LRT Cawang setelah berangkat dari Stasiun LRT Harjamukti sebelum mengakhiri perjalanan di Stasiun LRT Dukuh Atas.

"Pagi hari ini saya telah mencoba LRT, nyaman dan semuanya lancar. Memang kami mau melihat kesiapan sistem, urusan keamanan, dan keselamatan," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...