Sri Mulyani: Hubungi Saya Jika Ada yang Halangi Ikut Tax Amnesty

Miftah Ardhian
Oleh Miftah Ardhian - Safrezi Fitra
16 September 2016, 20:10
Sri Mulyani
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah menyatakan menjamin kenyamanan semua wajib pajak yang akan mengikuti program pengampunan pajak (tax amnesty). Hal ini merespons kabar pemerintah Singapura yang mencoba menghambat pelaksanaan tax amnesty.

Hal ini ditegaskan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia berani pasang badan jika ada kasus serupa di negara lain yang. Sri pun meminta kepada semua warga negara Indonesia (WNI) yang merasa dihambat oleh pemerintahan negara lain untuk melapor kepadanya.

Advertisement

"Kalau mereka ada halangan silakan sampaikan pada saya. Saya akan datangi pemerintah tersebut dan kami akan bicarakan. Saya sudah mengatakan saya sudah berikan jaminan untuk mengikuti tax amnesty. Anda tidak akan dianggap melakukan tindakan ilegal," ujar Sri Mulyani saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (16/9).

(Baca: Apindo Tuding Singapura Sengaja Resahkan Peserta Tax Amnesty)

Oleh karena itu, Sri Mulyani mengimbau kepada seluruh WNI yang berada di luar negeri tidak perlu takut ikut tax amnesty. Terutama di Singapura yang sempat dikabarkan pemerintahan negara tersebut menghalang-halangi WNI ikut program ini.   

Sebelumnya, otoritas di Singapura dianggap berupaya menghambat kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) di Indonesia lantaran memeriksa para wajib pajak yang mengikuti program tersebut. Namun, pemerintah Singapura menyatakan, pemeriksaan itu hanya terkait pada transaksi keuangan yang mencurigakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement