Ekonomi Amerika Pulih dari Pandemi, Tumbuh 6,5% pada Kuartal II

Abdul Azis Said
30 Juli 2021, 06:20
ekonomi amerika, ekonomi AS, pertumbuhan ekonomi amerika, pertumbuhan ekonomi AS, ekonomi AS pulih
ANTARA FOTO/REUTERS/Bryan R Smith/nz/cf
Ekonomi Amerika Serikat pada kuartal kedua 2021 lebih besar dibandingkan sebelum pandemi Covid-19.

Ekonomi Amerika Serikat pulih dari pandemi Covid-19 pada kuartal kedua tahun ini. Produk domestik bruto AS tumbuh 6,5% secara tahunan, lebih baik dibandingkan pertumbuhan 6,3% pada kuartal pertama.  

Pertumbuhan PDB AS ini jauh di bawah ekspektasi para ekonom  sebelumnya yang mencapai 8,4%. Sebelum kasus Covid-19 meningkat kembali di AS, para ekonom bahkan memperkirakan pertumbuhan mampu mencapai 10%. 

Advertisement

Meski ekonomi AS saat ini lebih besar daripada sebelum pandemi,  tingkat pertumbuhannya mungkin mencapai puncaknya tahun ini. Namun, dengan kecepatan yang jauh lebih lambat dari yang diharapkan seiring penyerbaran varian Delta. 

PDB adalah ukuran semua barang dan jasa yang diproduksi pada periode April hingga Juni. Menurut Departemen Perdagangan AS, tingkat PDB kuartalan naik menjadi US$19,4 triliun pada kuartal kedua, lebih tinggi dari $19,2 triliun pada kuartal keempat 2019.

“Kami telah mencatat bahwa laju pertumbuhan PDB kuartal II adalah ukuran yang baik dari 'batas kecepatan' ekonomi, mengingat gangguan rantai pasokan yang meluas. Batas kecepatan itu sedikit lebih rendah dari yang kami duga," ujar Mike Englund, kepala ekonom di Action Economics dalam risetnya, Jumat (30/7) seperti dikutip CNBC. 

Englund mengatakan dia akan menyesuaikan perkiraannya untuk paruh kedua. Ia memperkirakan, ekonomi Amerika tahun ini  tumbuh sebesar 6,1% secara tahunan dan prediksi  The Fed sebesar 6,8% hingga 7,3% terlalu tinggi. 

Laju pertumbuhan pada kuartal kedua adalah yang tercepat sejak kuartal ketiga tahun lalu, ketika ekonomi bangkit kembali 33,4% setelah jatuh dalam pada kuartal kedua 2020. Selain itu, ini adalah tingkat pertumbuhan terbaik sejak 2003.

Ekonom dikejutkan oleh beberapa elemen dari laporan kuartal kedua. Persediaan tetap menjadi hambatan, sementara banyak bisnis yang diharapkan akan mulai bangun kembali. Pengeluaran pemerintah juga negatif, seperti juga beberapa kategori konstruksi.

“Segala sesuatu yang diharapkan lemah menjadi sedikit lebih lemah. Ada lebih banyak kejutan lemah daripada kejutan kuat,” kata Tom Simons, ekonom pasar uang di Jefferies.

Kinerja konsumsi adalah titik terang dan melampaui ekspektasi. Konsumsi naik 11,8% selama kuartal pertama, dengan pertumbuhan 12% dalam layanan. Konsumen adalah sekitar 70% dari semua aktivitas.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement