Bank Sentral AS The Fed PHK Karyawan, Tanda Ekonomi Amerika Suram?

Agustiyanti
25 September 2023, 14:52
the fed, suku bunga the fed, resesi
ANTARA FOTO/REUTERS/Elizabeth Frantz/wsj
h Gubernur The Fed Jerome Powell menyatakan keterkejutannya atas ketahanan perekonomian AS dalam menghadapi inflasi dan lonjakan suku bunga saat konferensi pers pekan ini.

The Federal Reserve meyakinkan masyarakat Amerika Serikat bahwa kondisi perekonomian negara tersebut masih kuat. Namun, The Fed justru diam-diam melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK staff-nya. 

"The Fed memangkas sekitar 300 pekerjaan hingga akhir tahun ini," kata juru bicara Fed seperti dikutip dari CNN, akhir pekan lalu.

Advertisement

Keputusan tersebut menandai penurunan yang jarang terjadi dalam jumlah pegawai di bank sentral, yang juga merupakan penurunan pegawai pertama di Bank Sentral AS sejak tahun 2010. The Fed mempekerjakan sekitar 21.000 orang di 12 bank cadangan regionalnya.

Juru bicara tersebut mengatakan pengurangan tersebut, mencakup kombinasi PHK, pensiun dini, atau  memilih untuk tidak mengisi posisi yang kosong. The Fed menolak mengatakan berapa banyak orang yang akan diberhentikan.

"PHK sebagian besar akan fokus pada posisi pendukung, termasuk peran teknologi yang tidak lagi diperlukan," kata juru bicara The Fed.

Kabar PHK ini muncul hanya beberapa hari setelah Gubernur The Fed Jerome Powell menyatakan keterkejutannya atas ketahanan perekonomian AS dalam menghadapi inflasi dan lonjakan suku bunga. “Aktivitas ekonomi lebih kuat dari yang kami perkirakan, lebih kuat dari perkiraan semua orang,” kata Powell kepada wartawan pada hari Rabu dalam konferensi pers setelah pertemuan kebijakan moneter terbaru bank sentral.

Pejabat The Fed pun menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dan menurunkan prospek pengangguran sebagai refleksi atas optimisme tersebut. Meski demikian, Powell juga mengakui bahwa menurunkan inflasi kembali ke tingkat yang sehat kemungkinan akan menekanpasar tenaga kerja dan memperingatkan bahwa tekanan ekonomi mungkin terjadi.

Ekonomi Amerika Serikat sebelumnya diperkirakan akan menghadapi resesi ringan pada tahun ini sebagai dampak kenaikan suku bunga secara agresif yang dilakukan The Fed. Namun beberapa data terbaru AS, menunjukkan kondisi ekonomi AS masih cukup baik. Para ekonom dan The Fed pun melihat potensi resesi terjadi di Amerika pada tahun ini cukup kecil. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement